Yogyakarta tetapkan 15 Pemuda Pelopor 2014

id remaja

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta menetapkan 15 pemuda dengan berbagai latar belakang keterampilan menjadi Pemuda Pelopor 2014, dan tiga di antaranya terpilih mewakili DIY dalam Jambore Nasional Kepemudaan.

"Pada tahun ini, pemilihan Pemuda Pelopor didasarkan pada beberapa kategori yaitu di bidang pendidikan, sosial budaya, pariwisata, komunikasi informasi dan pangan," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Pemerintah Kota Yogyakarta Sukamto di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, seluruh pemuda pelopor yang terpilih tersebut memiliki prestasi yang membanggakan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional sehingga bisa dijadikan panutan bagi generasi muda di Kota Yogyakarta.

Salah satu pemuda pelopor yang terpilih berasal dari penyandang disabilitas namun memiliki prestasi hingga ke tingkat nasional untuk seni lukis, yaitu Bagaskara. Sedangkan pemuda pelopor lain memiliki inovasi di bidang pangan, atau berkontribusi dalam membuka akses internet di kampung.

Sukamto mengatakan, 15 pemuda pelopor tersebut terpilih dari hasil seleksi yang dilakukan oleh akademisi, tokoh kepemudaan hingga budayawan. "Kami melakukan seleksi terhadap sekitar 30 pemuda yang mendaftar," katanya.

Ia berharap, seluruh pemuda tersebut dapat memberikan contoh yang baik di lingkungan masing-masing sehingga bisa mengurangi dampak pergaulan buruk di lingkungan generasi muda.

Pemuda pelopor tersebut akan mewakili Kota Yogyakarta untuk maju dalam pemilihan yang sama di tingkat DIY kemudian di tingkat nasional.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang memberikan piagam kepada seluruh pemuda pelopor berharap agar para pemuda yang terpilih tersebut dapat terus berkiprah di tengah masyarakat dan mendukung program pembangunan dari pemerintah.

"Mereka memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat guna mendorong pengembangan kegiatan kepemudaan di tengah masyarakat," katanya.

Haryadi pun meminta agar seluruh pemuda pelopor yang terpilih tersebut diberi pin dan diundang untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-258 Kota Yogyakarta.

(E013)