Praktisi: keberadaan objek wisata harus sejahterakan warga

id praktisi objek wisata

Praktisi: keberadaan objek wisata harus sejahterakan warga

Desa Wisata Pentingsari di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto gudeg.net) (gudeg.net)

Jogja (Antara Jogja) - Keberadaan objek wisata harus mampu meningkatkan kesejahteraan warga di sekitarnya, kata praktisi pariwisata dan budaya Widi Utaminingsih.

"Jadi, setiap pembangunan objek wisata harus diarahkan agar dapat ikut mengentaskan kemiskinan warga di wilayah sekitar objek wisata," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, peran pengelola objek wisata cukup strategis dalam menentukan keberhasilan pembangunan objek wisata, sehingga diharapkan nantinya mampu mengentaskan kemiskinan warga di sekitar objek wisata.

"Sebagian pengelola objek wisata hingga kini masih memiliki pemikiran terbatas pada upaya menjual objek wisata maupun produk wisata dan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak di bidang studi pengembangan pariwisata dan budaya berbasis potensi lokal.

Menurut dia, jika objek wisata mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraaan bagi warga setempat, berarti akan makin mengukuhkan keberadaan objek wisata tersebut.

"Masyarakat sekitar objek wisata yang merasa terbantu dengan meningkatnya kesejahteraan mereka, maka secara otomatis mereka akan mendukung keberadaan objek wisata tersebut, di antaranya menciptakan kebersihan lingkungan, keamanan dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan bagi pengelola objek wisata dalam membangun pariwisata memang memerlukan seni pergaulan yang simpatik, karena rasa simpatik membuat orang senang dan menumbuhkan minat berkunjung ke objek wisata.

"Karena itu, pengelola objek wisata harus mendorong warga sekitar mengembangkan perilaku untuk mengundang rasa simpatik kepada wisatawan yang berkunjung ke objek wisata itu, di antaranya dengan sapaan ramah, sopan santun, dan sebagainya," katanya.

Selain itu, kata dia, pengelola objek wisata hendaknya juga mendorong berkembangnya kegiatan seni dan budaya warga setempat, sebagai bagian sarana untuk menyapa wisatawan yang berkunjung ke objek wisata tersebut.

Dengan demikian, kata dia, potensi seni dan budaya lokal dapat menjadi daya tarik wisata, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara.

"Meningkatnya jumlah wisatawan diharapkan mampu memperbaiki tingkat kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.
(H008)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024