Dispar arahkan GLZoo jadi tujuan studi banding

id dispar arahkan GLZoo

Dispar arahkan GLZoo jadi tujuan studi banding

Gembira Loka Zoo Yogyakarta (Foto Dok. GLZoo)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta berupaya mengarahkan objek wisata Gembira Loka Zoo menjadi tujuan studi banding dari kalangan mahasiswa maupun instansi luar daerah ini.

"Dinas Pariwisata (Dispar) DIY kini sedang mengupayakan tamu yang studi banding ke Yogyakarta untuk dibawa ke objek wisata Gembira Loka Zoo (GLZoo). Ini dimaksudkan agar mereka mendapatkan inspirasi langsung tentang pengelolaan objek wisata setempat," kata Sekretaris Dispar DIY Heri Lancono di GLZoo Yogyakarta, Jumat.

Saat mengantar pelaku usaha pariwisata dari Kalimantan Tengah di GLZoo Yogyakarta, ia mengatakan instansinya sering mendapatkan tamu peserta studi banding dari Dinas Pariwisata daerah lain, dan terkadang rombongan mahasiswa dari Bandung, Bali, dan daerah lainnya di Indonesia.

"Kami merencanakan setiap rombongan tamu Dispar DIY bisa diterima langsung di objek wisata GLZoo, dan tujuannya memperkenalkan GLZoo juga," katanya.

Menurut dia, program semacam ini akan dijalankan agar peserta studi banding maupun objek wisata yang dikunjungi sama-sama diuntungkan.

"Kalau mereka hanya saya terima di Kantor Dispar DIY, tidak menguntungkan. Tapi kalau di objek wisata, nanti setelah pulang dari sini, mereka bisa cerita mempromosikan objek wisata yang dikunjungi mereka selama di Yogyakarta," katanya.

Khususnya pelaku usaha pariwisata dari wilayah Pulau Jawa yang studi banding ke Yogyakarta, kata dia nantinya akan diarahkan ke GLZoo atau tempat wisata lainnya, di antaranya Taman Pintar.

"Sedangkan tamu dari luar negeri diprioritaskan untuk mengunjungi Benteng Vredeburg. Kemudian menginapnya disarankan di Desa Wisata Tembi, Kabupaten Bantul, atau di Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman," katanya.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024