PDIP Bantul kantongi enam bakal calon bupati

id pdip

PDIP Bantul kantongi enam bakal calon bupati

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Foto Antara/Mawaruddin/ags/14)

Bantul (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga akhir tahapan penjaringan bakal calon bupati telah mengantongi enam nama menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2015.

"Ada Bu Ida (Bupati saat ini Sri Surya Widati), Kombespol Suharsono, Untoro Hadi, Joko Purnomo, Sudin, dan Hanung Raharjo (kader PDI Perjuangan yang juga Ketua DPRD Bantul)," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul, Aryunadi di Bantul, Rabu.

Menurut dia, nama-nama bakal calon kepala daerah tersebut terjaring saat tahapan penjaringan pada 1 sampai 15 Oktober 2014, dengan demikian partai menutup pendaftaran karena nama yang terjaring sudah memenuhi batas minimal yang ditentukan yakni empat nama.

Ia mengatakan dari beberapa nama itu, terdapat dua nama yang paling dominan mendapatkan dukungan, yakni Kombespol Suharsono mendapat dukungan dari sembilan pimpinan anak cabang (PAC), sementara Sri Surya Widati dua PAC dan sejumlah elemen masyarakat.

"Mengingat nama nama dan rekam jejak beliau, besar kemungkinan kami (DPC) akan merekomendasikan Bu Ida (Sri Surya Widati) untuk menjadi calon bupati," kata Aryunadi.

Sementara itu, berdasarkan daftar aspirasi di DPC PDI Perjuangan Bantul setidaknya ada lebih dari 10 organisasi masyarakat yang memberikan dukungan kepada pejabat kini yakni Sri Surya Widati sebagai calon bupati periode 2015-2020 mendatang.

Organisasi itu di antaranya Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Bantul, Asosiasi Pedangang Pasar Dlingo, Asosiasi Pedagang dan tukang parkir Pasar Klithikan Niten, kelompok nelayan Minabahari, kelompok PKK Bantul, kelompok tani Srandakan hingga Paguyuban warga Katolik Ganjuran.

"Selama dalam kepemimpinan Bu Ida (sapaan akrab Bupati Bantul), Bantul mengalami banyak kemajuan, misalnya komunitas yang ada di pasar sangat diperhatikan," kata salah satu anggota Asosiasi Tukang Parkir Pasar Klitikan Niten, Anna (36) usai menyampaikan surat resmi dukungannya.

Hal senada disampaikan Ketua APPSI Bantul, Yahya, dalam surat resmi yang menyatakan dukungannya, APPSI menyampaikan sembilan poin alasan mendukung Sri Surya Widati, di antaranya banyaknya revitalisasi pasar tradisional yang dapat memberi kenyaman pedagang.

"Program Bu Ida kami nilai dapat mensejahtarekan dan memberdayakan pedagang, pada intinya kami merasa terlindungi, beliau juga sering melihat kondisi pasar seperti apa dan mendengar keluhan pedagang," kata Yahya,


.KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024