Debu vulkanik Gunung Sinabung sampai langkat

id gunung sinabung abu

Debu vulkanik Gunung Sinabung sampai langkat

Gunung Sinabung (Foto antaranews.com)

Langkat, Sumut (Antara Jogja) - Debu vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, menyebar sampai ke Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dengan melanda dua kecamatan, yaitu Sei Bingei dan Salapian.

"Debu vulkanik Gunung Sinabung sudah melanda Kecamatan Sei Bingei," kata Kepala Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat Suranta Sitepu di Telagah, Senin.

Masuknya debu Gunung Sinabung ini melanda dua tempat, yaitu Dusun Pamah sekitar pukul 01.00 WIB, sementara di Desa Telagah sampai sekitar pukul 06.30 WIB.

"Debu vulkanik Gunung Sinabung ini cukup tebal sehingga warga sekarang ini sangat khawatir dengan debu yang mereka hirup," katanya.

 Suranta mengungkapkan bahwa sekarang pihaknya berharap bantuan masker agar warga bisa menutup hidup dan mulut sehingga tidak menghirup debu vulkanik yang menyebar di wilayah Sei Bingei.

Secara terpisah, Kepala Wilayah Kecamatan  Salapian Nuriansyah Putra juga menjelaskan bahwa debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung ini kini menyebar di Desa Adian Tengah Kecamatan Salapian.

"Tadi warga melaporkan bahwa debu vulkanik dari Gunung Sinabung sudah menyebar ke desa mereka," katanya.

Debunya sangat tebal dan hitam pekat sekarang ini, masyarakat berharap segera diberikan masker untuk warga agar mereka tidak menghirup abu tersebut.

Nuriansyah Putra juga sudah melaporkan hal ini Kepada Badan Penanggulangan bencana untuk segera dikirimkan masker karena warga sangat membutuhkan sekarang.

"Hingga sekarang debu vulkanik Gunung Sinabung masih terus menyebar di wilayah Desa Adian Tengah," katanya.

(KR-IFZ)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024