Bupati: pengembangan pertanian perhatikan kelestarian lingkungan

id bupati

Bupati: pengembangan pertanian perhatikan kelestarian lingkungan

Bupati Bantul, Sri Suryawidati (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Surya Widati mengharapkan pengembangan agribisnis pertanian di daerah itu juga memperhatikan kelestarian lingkungan agar tidak mengalami kerusakan.

"Bantul harus meningkatkan produktivitas pertanian kita, pangan kita, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian, tetapi jangan sampai mengabaikan kelestarian lingkungan," katanya di sela pembukaan Bantul Agro Expo 2014 di Bantul, Rabu.

Ia mengatakan pelaku agribisnis pertanian harus selalu mengingat bahwa lingkungan adalah milik anak, cucu, dan generasi yang akan datang sehingga harus terus dilestarikan.

Ia mengharapkan petani bisa memilih program yang tidak merusak lingkungan.

"Di satu sisi pertanian harus berkembang, akan tetapi lingkungan tidak rusak dan dapat kita lestarikan, pastikan pula dengan pengembangan agribisnis dan agroindustri, penghasilan petani juga dapat ditingkatkan agar petani sejahtera," katanya.

Ia mengatakan kebutuhan manusia atas pangan dari hasil produksi pertanian terus meningkat setiap tahunnya, sehingga semua harus pandai dalam mengelola sumber daya yang persediaannya suatu saat akan menyusut bahkan akan habis.

"Oleh sebab itu, saya mengajak semua benar-benar melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan untuk rakyat dengan cara-cara yang baik, dengan teknologi yang tepat, dengan manajemen yang baik dan akhirnya kebutuhan hidup dapat dipenuhi," katanya.

Ia juga mengharapkan Bantul Agro Expo yang menampilkan produk pertanian dan hasil olahan pertanian kelompok tani se-Bantul itu, dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada semua pihak mengenai berbagai produk pertanian yang dihasilkan Bantul.

"Hasil pertanian di Bantul sesungguhnya memiliki kualitas dan nilai jual yang sangat tinggi, digemari masyarakat dunia, tinggal bagaimana pandai-pandai mengemas dan mempromosikannya. Jadi pemerintah, swasta dan kita semua harus bekerja sama untuk memasarkan produk pertanian," katanya.

Di sisi lain, katanya, para petani saat ini masih mempunyai keterbatasan terhadap sarana dan prasarana pertanian dan sumber permodalan, teknologi yang dimiliki, sehingga para petani harus ditingkatkan kepemilikan sarana dan prasarana agar dapat meningkatkan hasil yang maksimal.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Bantul secara simbolis memberikan bantuan peralatan pertanian kepada kelompok tani, berupa traktor tangan 51 unit, pompa air 32 unit, transplenter berjumlah tiga buah, cultivator dua buah dan sepeda motor 17 unit dan 17 komputer jinjing untuk mantri tani di 17 kecamatan.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024