Dubes AS dan pengusaha kunjungi Pemkot Yogyakarta

id dubes as dan

Dubes AS dan pengusaha kunjungi Pemkot Yogyakarta

Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake Jr (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake Jr yang didampingi sejumlah pengusaha mengunjungi Pemerintah Kota Yogyakarta dan ditemui secara langsung oleh Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

"Tujuan kunjungan ini guna membangun pemahaman yang sama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Amerika Serikat untuk beberapa bidang," kata Haryadi seusai bertemu dengan rombongan Duta Besar Amerika Serikat di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, pemahaman yang ingin dibangun oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan Amerika Serikat di antaranya pada bidang ekonomi dan perdagangan, pariwisata, budaya, teknologi hingga pendidikan.

Di dalam pertemuan itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia didampingi 14 pimpinan perusahaan Amerika yang ada di Indonesia.

Haryadi berharap, kerja sama yang nantinya terbangun dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Yogyakarta. "Kami ingin kerja sama yang nantinya terbangun bisa memberi manfaat bagi masa depan kedua belah pihak," katanya .

Haryadi menambahkan, dalam pertemuan tersebut hanya dibicarakan hal-hal yang bersifat umum dan akan dilanjutkan dengan pembicaraan yang lebih intensif untuk mewujudkan kerja sama antara kedua belah pihak.

Pemerintah Kota Yogyakarta, lanjutnya, akan menindaklanjuti pertemuan awal tersebut dengan melakukan komunikasi intensif dengan kedutaan Amerika Serikat yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake Jr mengatakan, perusahaan Amerika Serikat yang ada di Indonesia siap memberikan bantuan di berbagai bidang, seperti kesehatan dan pendidikan.

"Keberadaan perusahaan-perusahaan ini secara tidak langsung bisa memberikan lapangan kerja kepada dua juta penduduk Indonesia," katanya.

Selain pertemuan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, Duta Besar Amerika Serikat tersebut juga dijadwalkan bertemu dengan beberapa pihak seperti Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, para bupati se-DIY dan pengusaha yang ada di wilayah tersebut.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia itu juga dijadwalkan menghadiri serminar "Doing Bussiness with USA" pada Kamis (23/10).

(E013)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024