BPBD Bantul waspadai angin kencang peralihan musim

id angin kencang

BPBD Bantul waspadai angin kencang peralihan musim

Ilustrasi angin kencang (Foto kencew.blogspot.com)

Bantul (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewaspadai angin kencang di wilayah setempat pada musim pancaroba atau peralihan musim dari kemarau ke musim hujan yang akan datang.

"Musim peralihan baik dari kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya potensi bencana yang biasanya terjadi adalah angin kencang, makanya perlu diwaspadai dampaknya," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, peralihan musim dari musim kemarau ke hujan tahun ini akan terjadi pada akhir Oktober sampai awal November.

"Oktober akhir sampai November nanti biasanya banyak terjadi (angin kencang), sebagai dampak bisa terjadi beberapa pohon tumbang, dan ketika pas pancaroba potensinya akan lebih besar," kata Dwi Daryanto.

Menurut dia, potensi angin kencang dapat terjadi di seluruh kecamatan Bantul, namun daerah yang perlu diwaspadai terhadap dampak angin kencang di antaranya sepanjang jalan protokol Bantul, serta pemukiman yang terdapat pohon besar.

Untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, lanjut dia pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas teknis terkait untuk melakukan pemangkasan ranting pohon perindang di sejumlah titik untuk mengurangi beban jika ada angin kencang.

"Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada warga agar dapat mengurangi dampak yang diakibatkan angin kencang, serta mengimbau warga yang terdampak agar selalu menyadari ancaman bahayanya," katanya.

Sementara itu, kata dia ketika memasuki musim hujan, pihaknya juga mewaspadai bencana banjir akibat luapan air sungai di sejumlah wilayah pemukiman penduduk misalnya di bantaran Sungai Code wilayah Sewon dan bantaran Sungai Winongo Kasihan.

"Terkait banjir, sebenarnya di Bantul relatif aman, hanya saja ketika turun hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah utara, sungai-sungai yang mengalir ke Bantul berpotensi meluap, namun sepanjang tidak ada hujan masih aman," katanya.

KR-HR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024