Peserta KRPY 2014 naik 50 persen

id robot

Peserta KRPY  2014 naik 50 persen

ilustrasi kontes robot (antarafoto.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Penyelenggaraan Kontes Robot Pintar Yogyakarta yang pada 2014 memasuki penyelenggaraan ketujuh memperoleh sambutan positif dari peserta terbukti jumlahnya meningkat sekitar 50 persen dibanding 2013.

"Tahun lalu, jumlah tim yang bertanding tercatat sebanyak 104 tim dan pada tahun ini meningkat menjadi 155 tim," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwisutono di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, meningkatnya jumlah peserta kontes robotik pada tahun ini membuat persaingan di antara peserta akan semakin ketat, namun hal tersebut justru akan membuat pertandingan menjadi semakin menarik.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta tersebut akan digelar di Gedung Kotak Taman Pintar selama dua hari yaitu Sabtu (25/10) dan Minggu (26/10).

Peserta tidak hanya datang dari Kota Yogyakarta, tetapi juga dari beberapa kota dan kabupaten di sekitar DIY seperti Magelang, Wonosobo, Sragen, dan Cilacap.

Pada tahun ini pun, lanjut dia, panitia tidak menghapus kategori peserta pelajar tingkat sekolah dasar. "Kategori itu akan tetap dilombakan agar minat anak-anak yang sudah ada ini bisa terbangun. Mereka memiliki motivasi untuk berkreasi dan berinovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta akan terbagi dalam lima kategori lomba yaitu Kategori A atau Senior yang mempertandingkan robot beroda peniti garis dan pemadam api dengan konstruksi otomatis.

Kategori tersebut diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK sederajat namun tidak menutup kemungkinan diikuti oleh pelajar SMP yang sudah dinilai mampu.

Kategori B atau Yunior akan mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya dan pemadam api dengan konstruksi manual. Kategori ini terbuka untuk pelajar SMP dan sederajat.

Kategori C atau Expert akan mempertandingkan robot beroda peniti garis dan pemadam api dengan konstruksi otomatis yang telah dilengkapi mikrokontroler. Pelajar SMA/SMK sederajat bisa berlomba di kategori ini.

Kategori D atau Umum mempertandingkan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong. Robot dinyatakan menang jika bisa mendorong robot lain keluar arena. Kategori ini bisa diikuti pelajar SMP dan SMA/SMK.

Sedangkan Kategori E yang diikuti siswa SD akan mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler.

Pemenang dalam kontes robot tersebut berhak memperoleh piala bergilir dan sertifikat dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024