Bantul targetkan 16.000 wisatawan Parangtritis libur Muharram

id parangtritis

Bantul targetkan 16.000 wisatawan Parangtritis libur Muharram

Pantai Parangtritis FOTO ANTARA/Noveradika/12 ()

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 16.000 wisatawan lokal berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis selama libur Tahun Baru Islam 1 Muharram yang jatuh pada Sabtu, 25 Oktober 2014.

"Khusus Parangtritis, target pengunjung malam Satu Syuro (1 Muharram) sebanyak 10 ribu pengunjung dengan pendapatan Rp50 juta, sementara pada Satu Syuro (besoknya) sekitar 6 ribu pengunjung dengan pendapatan Rp30 juta," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Guritno, Jumat.

Ia mengatakan, sementara untuk objek wisata pantai selatan Bantul lainnya seperti Pantai Gua Cemara, Pantai Pandansimo dan Kuwaru pihaknya menargetkan pendapatan sebesar Rp30 juta selama libur 1 Muharram nanti.

Menurut dia, Pantai Parangtritis memang menjadi favorit tujuan wisatawan yang ingin merayakan liburan, termasuk perayaan pergantian malam tahun baru Islam, hal itu terlihat dari data kunjungan wisatawan yang berkunjung ke pantai andalan Bantul tersebut pada tahun lalu.

Ia menyebutkan, pada malam Satu Syuro tahun 2013 lalu, Pantai Parangtritis dikunjungi sebanyak 13.650 orang dengan pendapatan Rp64,8 juta, kemudian di pantai yang sama pada 1 Syuro dikunjungi sekitar 9.000 orang dengan pendapatan Rp47,2 juta.

"Kemudian pengunjung di objek wisata lain pada 1 Syuro tahun 2013 sebanyak 13.000 orang, pendapatannya Rp10,8 juta," kata Bambang Guritno.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sarana Objek dan Daya Tarik Disbudpar Bantul, Indriyati Sulistyorini mengatakan, guna menghadapi lonjakan pengunjung malam 1 Syuro pihaknya menyiapkan satu tempat pemungutan retribusi (TPR) tambahan, sehingga akan ada dua TPR menuju Pantai Parangtritis.

"Satu TPR tambahan rencananya akan didirikan di wilayah Trembis (sebelah selatan TPR Induk) yang dimanfaatkan untuk menarik retribusi kendaraan roda dua, sementara tiket masuk untuk mobil akan mereka berlakukan di TPR Induk," katanya.

Terkait pengamanan di kawasan wisata, kata dia pihaknya akan bekerja sama dengan aparat keamanan setempat seperti kepolisian, TNI serta petugas Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk yang disiagakan di sejumlah TPR pantai.

"Di TPR utama ada sebanyak 37 orang, kemudian di Trembis 45 dan TPR Depok 16 petugas, kalau di seluruh obyek wisata seluruh Bantul totalnya ada 150 orang yang siaga," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024