PNPM Mekarsari Gunung Kidul untung Rp195 juta

id PNPM

PNPM Mekarsari Gunung Kidul untung Rp195 juta

PNPM Mandiri Perdesaan (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Unit Pelaksana Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat bidang simpan pinjam Mekarsari, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat keuntungan Rp195 juta.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gunung Kidul Agus Katamso di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan keuntungan UPK PNPM Mekarsari Tepus diserahkan ke Bupati Gunung Kidul Badingah untuk digunakan merehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

"Keuntungan UPK PNPM Mekarsari Tepus dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pengentasan kemiskinan, yakni rehabilitasi RTLH," kata Agus.

Agus mengatakan pengembalian keuntungan kepada masyarakat ini bentuknya dalam program pengentasan kemiskinan diantaranya lantainisasi, bedah rumah dan lain-lain.

"Keuntungan diperoleh dari pengalolaan simpan pinjam program UPK PPK Mekarsari," katanya.

Bupati Gunung Kidul, Badingah memberikan apresiasi terhadap UPK hasil binaan PNPM. Diharapkan, program yang sudah berjalan terus ditingkatkan sehingga tahun berikutnya lebih baik lagi.

"Pemerintah mengapresiasi program ini. Sebab, program ini membantu pemkab mempercepat perbaikan RTLH yang cukup banyak," kata Badingah.

Menurutnya, selama 2014, Kementrian Perumahan Rakyat (Kempera) juga menggelontorkan anggaran sebesar Rp9,5 miliar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk mengurangi rumah tidak layak huni.

Adapun peruntukannya membangun 1.270 RTLH di lima kecamatan yakni Gedangsari, Semin, Tanjungsari, Playen dan Semin. Setiap rumah mendapatkan alokasi bantuan sebesar Rp7,5 juta.

"Terkait penyaluran dana sosial dari surplus UPK Mekarsari, bertujuan untuk menumbuhkan gerakan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap keluarga tidak mampu yang belum terpenuhi kebutuhan dasarnya terutama tempat tinggal layak huni," kata Badingah.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024