Analis: penataan kabinet mampu dorong pertumbuhan ekonomi

id analis: penataan kabinet

Analis: penataan kabinet mampu dorong pertumbuhan ekonomi

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Analis dan ekonom Bank Negara Indonesia Ryan Kiryanto memperkirakan penataan kebinet atau pemerintahan yang baik akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,8 persen pada 2015.

"Sesuai yang ditetapkan dalam APBN 2015 saya yakin 5,8 persen mampu dicapai, bahkan lebih dari itu," kata Ryan sesuai menjadi pembicara dalam Fokus Group Discussion (FGD) Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2015 BUMN Usaha Energi, Pertambangan, Percetakan, dan Pariwisata di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi tersebut Presiden Joko Widodo harus mampu mengonsolidasikan seluruh kementerian sehingga tidak ada yang berjalan sendiri-sendiri. Setiap menteri harus berjalan dinamis namun harus tetap dalam satu koordinasi.

"Jangan sampai kesannya tidak kompak padahal ada di bawah satu menteri koordinasi yang sama. Semua harus seirama baik dalam visi maupun tindakan," kata dia.

Selain itu, Pemerintahan mendatang juga harus meyakinkan masyarakat menjadi birokrasi yang kredibel dengan menjauhi hal yang tidak patut maupun dilarang secara hukum seperti melakukan suap, korupsi, serta menerima ataupun memberikan gratifikasi.

"Dengan birokrasi yang baik dan kredibel maka dunia ekonomi juga akan merespon baik," kata dia.

Meski demikian, Ryan mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,8 persen pada 2015, pada dasarnya telah didukung oleh hampir seluruh sektor ekonomi, khususnya di sektor transportasi dan komunikasi yang diperkirakan tumbuh mencapai 10,7-11,1 persen , keuangan 6,7-7,1 persen, konstruksi 6,5-6,9 persen, perdagangan 5,9-6,3 persen, dan insdustri pengolahan 5,6-6,0 persen pada 2015.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024