Satgas padamkan kebakaran hanguskan 1.408 hektar

id satgas kebakaran lahan

Satgas padamkan kebakaran hanguskan 1.408 hektar

ilustrasi Kebakaran lahan dan hutan (foto antaranews.com)

Pekanbaru (Antara Jogja) - Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan serta Kabut Asap Provinsi Riau telah berhasil memadamkan kebakaran yang menghanguskan 1.408 hektare di berbagai wilayah kabupaten/kota.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri lewat pesan elektronik yang diterima, Senin mengatakan hal itu merupakan data sejak 25 Oktober 2014.

"Saat ini sudah tidak ada lagi titik api atau titik kebakaran lahan di Riau," kata Said.

Menurut data BPBD Riau, untuk wilayah Kabupaten Indragiri Hulu Kodim 0302, Koramil 01/Rengat, sejauh ini anggota TNI/Polri bersama masyarakat peduli api dikabarkan masih melaksanakan kegiatan patroli pencarian titik api dan sap serta menggelar sosialisasi bahaya pembakaran hutan dan lahan.

Di wilayah ini, sebelumnya telah terbakar lahan seluas 29 hektare di Desa Pulau Gelang, Kecamatan Kuala Cenaku, dan seluar 34 hektare terbakar untuk wilayah Kecamatan Rengat Barat.

Sementara itu di wilayah Koramil 03/Seberida tepatnya di Kecamatan Seberida telah terbakar 13 hektare lahan dan di Kecamatan Batang Pranap ada 74 hektare lahan terbakar dan kini telah padam.

Untuk wilayah Kodim 0303/BKLS, Koramil 02/Dumai terbakar tiga hektare lahan dan kini telah berhasil dipadamkan, kemudian di wilayah Koramil 03/Bangko, Rokan Hilir, 12 hektare lahan terbakar juga telah berhasil dipadamkan.

 Sementara itu untuk wilayah Koramil 05/Siak, terjadi kebakaran menghanguskan setengah hektare lahan, dan di wilayah Koramil/Mandau, Bengkalis, 177 hektare lahan terbakar telah padam.

Koramil 07/Tanah Putih berhasil memadamkan 165 hektar lahan terbakar dan Koramil 13/Bukit Kapur memadamkan 104 haktare lahan terbakar.

Koramil 14/Kubu berhasil memadamkan 80 hektare lahan terbakar dan Koramil 17/Rimba Melintang telah memadamkan 1 hektare lahan terbakar.

Untuk Koramil 18/Kandis sebelumnya telah memadamkan kebakaran yang menghanguskan 18 hektare dan Koramil 0314/Inhil tepatnya di kawasan Koramil PWK SLS telah berhasil mengatasi kebakaran yang menghanguskan 245 hektare. (KR-FZR)

(KR-FZR)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024