Sorosutan merti kampung alumunium peringati Sumpah Pemuda

id merti kampung alu,munium

Sorosutan merti kampung alumunium peringati Sumpah Pemuda

ilustrasi merti kampung (Foto ANTARA/Mamiek)

Jogja (Antara Jogja) - Ratusan warga Kampung Sorosutan Yogyakarta menggelar kegiatan unik untuk mengenalkan potensi kampung sekaligus memperingati Sumpah Pemuda, yaitu menggelar merti kampung dengan menampilkan gunungan produk yang terbuat dari alumunium.

"Kami ingin mengenalkan potensi yang dimiliki kampung sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda. Kegiatan seperti ini baru digelar untuk pertama kalinya," kata Wakil Ketua Merti Kampung Sorosutan Sigit Sugito di Yogyakarta, Selasa.

Di dalam merti kampung tersebut, ada sekitar 30 kelompok warga yang ikut ambil bagian. Kelompok warga tersebut menampilkan berbagai gunungan termasuk gunungan yang terbuat dari berbagai produk berbahan alumunium.

Menurut Sigit, dari kegiatan tersebut dapat diketahui bahwa Kampung Sorosutan memiliki potensi sumber daya manusia dan ekonomi yang dapat dikembangkan untuk mendukung pembangunan Kota Yogyakarta.

Selama ini, lanjut dia, Sorosutan dikenal sebagai sentra penghasil produk dari alumunium, seperti wajan. Saat ini, ada 13 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta satu perajin skala besar yang membuat produk dari bahan alumunium.

"Produk dari perajin di Sorosutan sudah dipasarkan hingga ke berbagai daerah seperti Bandung, Malang dan Surabaya. Usaha pembuatan produk berbahan alumunium ini juga menyerap banyak tenaga kerja," katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat dilakukan secara rutin setiap tahun karena antusias warga Kampung Sorosutan cukup tinggi. "Kami juga memiliki kelompok-kelompok kesenian yang jumlahnya terus bertambah. Berbagai potensi yang dimiliki masyarakat ini harus bisa dikembangkan," katanya.

Sementara itu, Camat Umbulharjo Mardjuki mengatakan, kegiatan merti kampung tersebut pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan persatuan di antara warga kampung.

"Melalui kegiatan itu, kekompakan dan kerja sama di antara warga akan semakin terasah dan terjaga. Kami memberikan apresiasi yang baik atas kegiatan ini," katanya.

Ia berharap, kampung-kampung yang ada di wilayahnya dapat meningkatkan kemandirian dan terus menggali beragam potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.
(E013)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024