Stasiun Jenar layani penumpang ke Jakarta November

id kereta api

Stasiun Jenar layani penumpang ke Jakarta November

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT Kereta Api Daerah Operasi VI Yogyakarta meningkatkan layanan penumpang dengan membuka pemberangkatan dari Stasiun Jenar Purworejo ke Jakarta menggunakan sejumlah kereta yaitu Bogowonto dan Joko Tingkir mulai 1 November.

"Sebelumnya, kereta-kereta tersebut tidak berhenti melayani naik turun penumpang di stasiun tersebut," kata Manager Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia Derah Operasi VI Yogyakarta Bambang Setiyo Prayitno di Yogyakarta, Rabu.

Kereta Bogowonto relasi Lempuyangan Yogyakarta-Pasar Senen Jakarta tersebut akan diberangkatkan tiap hari. Kereta diberangkatkan dari Stasiun Jenar pada pukul 10.31 WIB dan tiba di Stasiun Jenar dari Jakarta pada pukul 05.17 WIB.

Sedangkan kereta Joko Tingkir relasi Purwosari Solo-Pasar Senen diberangkatkan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Dari Stasiun Jenar ke Jakarta, kereta diberangkatkan pada pukul 18.00 WIB dan kereta tiba di Stasiun Jenar dari Jakarta pada pukul 06.47 WIB.

Tarif yang diberlakukan untuk kereta Bogowonto adalah tarif fluktuatif berkisar antara Rp150.000 hingga Rp225.000 sedangkan untuk kereta Joko Tingkir ditetapkan tarif "flat" sebesar Rp95.000 untuk sekali perjalanan.

Bambang menyebutkan, pembukaan layanan di Stasiun Jenar tersebut tidak hanya akan memudahkan warga Purworejo untuk mengakses transportasi tetapi bisa juga meningkatkan akses transportasi warga dari Solo dan Yogyakarta ke Purworejo.

"Masyarakat di Solo dan Yogyakarta pun bisa memanfaatkan kereta ini untuk menuju ke Purworejo. Diharapkan, akses transportasi antara Jawa Tengah bagian timur, DIY dan Jawa Tengah bagian barat bisa semakin baik sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara itu, tiket kereta api untuk keperluan libur Natal dan Tahun Baru 2015 masih tersedia cukup banyak meskipun ada beberapa kereta yang tiketnya sudah terjual hingga 100 persen untuk tanggal keberangkatan tertentu.

Tiket kereta tujuan Jakarta untuk keberangkatan 28 Desember yang sudah terjual 100 persen adalah Senja Utama Solo, Fajar Utama Yogya, Bogowonto, Gajahwong, Bengawan, dan Argo Dwipangga.

Sedangkan tiket untuk kereta tujuan Bandung, seperti Lodaya Pagi, Lodaya Malam, kereta tujuan Surabaya Sancaka Pagi dan Sancaka Malam, serta Sritanjung tujuan Banyuwangi dan kereta tujuan Malang masih tersedia lebih dari 100 tempat duduk.

"Masyarakat yang akan menggunakan jasa kereta api sebaiknya segera melakukan pemesanan tiket. Tiket dapat dipesan secara online sehingga setiap detik ketersediaannya bisa berubah," katanya.

Pemesanan tiket bisa dilakukan 90 hari sebelum hari keberangkatan, di antaranya di stasiun yang sudah online seperti Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Jebres, Klaten, Wates dan Sragen.

Pemesanan juga bisa dilakukan melalui laman-laman pemesanan tiket resmi yaitu di www.kereta-api.co.id, tiket.com, tiketkai.com, atau melalui minimarket dan agen tiket lainnya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024