Ahok: penanganan banjir libatkan daerah sekitar

id penanagan ahok anjir

Ahok: penanganan banjir libatkan daerah sekitar

banjir di Jakarta 2013 (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berpendapat dalam menyelesaikan persoalan banjir di Ibu Kota harus melibatkan daerah sekitarnya, seperti Tangerang, Bekasi, Depok, dan Bogor.

"Saya ingin Jakarta memikul tanggung jawab  wilayah mitra untuk ikut menuntaskan penanganan banjir dan kami siap membiayai," kata Basuki di Jakarta, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu pada Seminar Sehari Solusi Mengatasi Banjir Jakarta digelar oleh Masyarakat Hidrologi Indonesia bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta di Hotel Century Park Senayan.

Menurut dia, secara politik tanggung jawab wilayah ada di tangan kepala daerah masing-masing.

 Akan tetapi, katanya, untuk mengatasi persoalan banjir, Jakarta siap mengalokasikan anggaran selagi program tersebut  memiliki nilai dan manfaat.

Untuk mewujudkan hal itu, Ahok  sudah mengumpulkan bupati dan wali kota daerah mitra dan meminta mengajukan proposal program penanganan banjir dan siap untuk dibantu.

"Mau berapa miliar, atau berapa triliun biayanya asal bermanfaat untuk penanganan banjir saya akan perjuangkan di DPRD," kata Ahok.

Ia mencontohkan  Wali Kota Tanggerang mengajukan anggaran sebesar Rp2,5 triliun untuk merapikan Sungai Cisadena, sedangkan dirinya siap memperjuangkan di DPRD.

 Menurut dia, pelibatan daerah mitra merupakan salah satu langkah yang dilakukan dalam menangani banjir Ibu Kota, selain penanganan secara internal.

"Bahkan jika ada yang punya konsep bagus, silakan ajukan, kami siap untuk mendanai asalkan benar dan memberikan hasil," kata dia. (SDP-75)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024