Panitia Sekaten bentuk tim awasi pembangunan anjungan

id panitia sekaten bentuk

Panitia Sekaten bentuk tim awasi pembangunan anjungan

Ilustrasi (Foto file Wikipedia)

Jogja (Antara Jogja) - Panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten akan membentuk tim terpadu lintas satuan kerja perangkat daerah dan instansi, untuk mengawasi pembangunan anjungan di arena Sekaten yang akan digelar di Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta.

"Akan ada tim yang terdiri atas setidaknya lima satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi yang bertugas melakukan pengawasan terhadap proses pembangunan anjungan atau stan oleh penyewa," kata Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, di Yogyakarta, Jumat.

Tim terpadu tersebut terdiri atas Dinas Ketertiban, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian, Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah serta dari Kecamatan Gondomanan.

Ia menyebutkan keberadaan tim terpadu tersebut sangat penting agar penyewa lahan tidak sembarangan membangun stan atau anjungan yang berpotensi merusak pekerjaan revitalisasi Alun-Alun Utara yang kini masih dikerjakan oleh Pemerintah DIY.

"Pemerintah Kota Yogyakarta sudah memberikan jaminan kepada Pemerintah DIY bahwa revitalisasi Alun-Alun Utara itu tidak akan rusak akibat penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS)," katanya.

Aman menambahkan, seluruh stan atau anjungan yang akan dibangun di Alun-Alun Utara selama pelaksanaan PMPS tidak boleh dibangun dalam bentuk bangunan semi permanen.

"Seluruhnya terbuat dari tenda sehingga penyewa tidak perlu membuat semacam pondasi untuk mendirikan bangunannya. Jika masih ditemui bangunan selain tenda, maka tim akan memberikan peringatan keras dan meminta penyewa membongkar bangunannya," katanya.

Ia menegaskan, target pembangunan anjungan di arena PMPS adalah tertib dan rapi. "Tahun ini, anjungan ditargetkan dapat dibangun dengan tertib dan rapi terlebih dulu, belum sampai indah," katanya.

Pendaftaran penyewa lahan untuk penyelenggaraan PMPS 2014 direncanakan dilakukan pada pekan kedua November menunggu penyelesaian pekerjaan revitalisasi di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

"Pendaftaran sengaja dilakukan sedekat mungkin dengan pelaksanaan PMPS. Biasanya, penyewa akan langsung membangun anjungan begitu mereka mendaftar. Hal itu berpotensi mengganggu revitalisasi. Oleh karenanya, pendaftaran akan dimundurkan," katanya.

PMPS 2014 direncanakan dibuka secara resmi pada 28 November hingga awal Januari 2015.

Secara umum, kata Aman, jumlah lahan yang disewakan tidak akan terlalu berbeda bila dibanding tahun lalu. Sedangkan untuk area parkir ditempatkan di dalam Alun-Alun Utara di sisi timur, utara dan barat.

(E013)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024