Bupati Sleman: olahraga miliki aspek pembangunan

id bupati sleman: olahraga

Bupati Sleman: olahraga miliki aspek pembangunan

Sri Purnomo (Foto Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo mengatakan olahraga memiliki aspek pembangunan bagi bangsa dan negara.

"Karena itu, olahraga jangan dijadikan sebagai sarana hura-hura, menghabiskan waktu, dana, dan hanya sebagai kegiatan fantasi serta selingan yang tidak banyak memberikan manfaat," katanya, terkait dengan kegiatan pemusatan latihan atlet Kabupaten Sleman yang digelar KONI setempat, di Sleman, Sabtu.

Menurut bupati, olahraga juga memiliki aspek pembangunan bagi bangsa, yakni tinggi atau rendahnya kualitas maupun prestasi

olahraga akan menjadi cermin bagi martabat bangsa di tengah pergaulan masyarakat dunia.

"Hal itulah yang menjadikan olahraga sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa, karena membantu menumbuhkan kesehatan, kebugaran serta kedisiplinan, guna membantu menunaikan tugas sehari-hari," katanya.

Selain itu, kata bupati, keberhasilan pembinaan atlet tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana-prasarana yang ada, namun juga kesempatan untuk bertanding dan berkompetisi guna menambah pengalaman serta mema�tangkan teknik dan strategi yang telah diberikan pelatih,.

Ia mengatakan dengan seringnya mengikuti berbagai kejuaraan, maka mental para atlet akan terlatih dalam menghadapi berbagai tekanan, baik dari lawan maupun para supporternya.

"Dengan mental yang kuat dan tangguh, seorang atlet akan lebih fokus dalam menghadapi strategi lawan dalam bertanding," katanya.

Sri Purnomo berharap para atlet Sleman dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, menaati instruksi pelatih, serta dapat menerapkan teknik-teknik bertanding. "Sehingga, diharapkan dapat menjadi atlet yang tangguh dan sportif," katanya.

Sebanyak 776 atlet dan 173 official dari 34 cabang olahraga mengikuti pemusatan latihan Kabupaten Sleman ini.

Ketua KONI Sleman Pramana mengatakan pemusatan latihan berlangsung tiga bulan, Oktober hingga Desember 2014. "Pemusatan latihan ini merupakan persiapan atlet Sleman untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY 2015 di Kabupaten Kulon Progo, sekaligus sebagai sarana untuk membentuk tim inti yang akan diterjunkan dalam PORDA mendatang," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024