Ahok: waktu pelantikan belumdapat dipastikan

id plt gubernur dki ahok

Ahok: waktu pelantikan belumdapat dipastikan

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf))

Jakarta (Antara Jogja) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku belum dapat memastikan waktu pelantikannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya sudah bahas pelantikan ini dengan Pak Presiden (Jokowi). Kemungkinan, pelantikan akan dilaksanakan Selasa (18/11) besok atau Rabu (19/11)," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, Presiden Jokowi telah menginstruksikan Sekretariat Negara (Setneg) untuk mempersiapkan Surat Keputusan Presiden terkait pelantikan tersebut.

"Pak Presiden sudah menyampaikan kepada saya bahwa hari ini Surat Keputusan Presiden mengenai pelantikan itu sedang disiapkan oleh Setneg," ujar Ahok.

Terkait tempat pelantikan, mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan akan dilakukan di ibukota, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

"Untuk tempat pelantikan, tentunya dilakukan di wilayah ibukota Jakarta karena mengacu pada Undang-Undang. Kemungkinan akan dilaksanakan di Istana atau Gedung DPRD DKI," tutur Ahok.

Sementara itu, pada Jumat (14/11) lalu, DPRD DKI Jakarta telah resmi mengumumkan pengangkatan Plt Gubernur Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta dalam rapat paripurna istimewa.

Rapat tersebut merupakan tindak lanjut atas surat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta rapat pimpinan DPRD DKI dengan seluruh fraksi yang digelar pada Kamis (13/11). (R027)