Dishub Kota Yogyakarta siapkan fasilitas kendaraan wisata Keraton

id kraton

Dishub Kota Yogyakarta siapkan fasilitas kendaraan wisata Keraton

Kraton Yogyakarta FOTO ANTARA/Noveradika)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memastikan kesiapan fasilitas pendukung operasional kendaraan wisata Keraton Yogyakarta, seperti rambu larangan masuk untuk bus pariwisata dan halte untuk kendaraan tersebut.

"Rambu larangan masuk untuk bus pariwisata sudah dipasang, namun masih diselubungi kain dan akan dibuka saat uji coba kendaraan wisata. Rambu untuk halte juga sudah disiapkan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, rambu larangan masuk untuk bus pariwisata ke kawasan Keraton Yogyakarta sudah dipasang di empat titik, di antaranya di Ngabean, Taman Sari, Jalan Agus Salim, dan di Jalan Ibu Ruswo.

Sedangkan titik halte yang disiapkan di antaranya adalah di Taman Parkir Ngabean, sekitar Gedung Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia (PDHI), sekitar Jogja Gallery, Keben Keraton Yogyakarta dan di sekitar Taman Parkir Senopati.

Uji coba kendaraan wisata Keraton Yogyakarta akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2014. Uji coba dilakukan karena pada awal 2015, seluruh bus pariwisata tidak diperbolehkan parkir di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Seluruh bus pariwisata akan diarahkan untuk parkir di Taman Parkir Ngabean, dan wisatawan dapat memanfaatkan kendaraan wisata atau moda transportasi lain menuju sejumlah objek wisata di kawasan Keraton Yogyakarta.

"Jika Taman Parkir Ngabean sudah tidak mampu menampung bus, maka bus akan diarahkan untuk menurunkan penumpang saja di Ngabean dan bus parkir di lokasi lain yang masih tersedia," katanya.

Dinas Perhubungan bersama sejumlah pemangku kepentingan lain dan komunitas yang akan bertindak sebagai operator kendaraan pariwisata terus melakukan simulasi rute untuk mematangkan persiapan uji coba.

Sementara itu, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto mengatakan, akan ada rute tertentu yang dilalui kendaraan wisata tersebut.

"Rencananya, ada dua jenis tiket yang dijual yaitu tiket terusan dan tiket yang bisa dibeli terpisah. Wisatawan bisa memilih sesuai kebutuhannya," katanya.

Sebelumnya, Forum Komunikasi Kawasan Alun-Alun Utara (FKKAU) yang bertindak sebagai operator kendaraan wisata sudah menyiapkan sejumlah kendaraan untuk uji coba.

"Rute yang akan ditempuh yaitu dari Taman Parkir Ngabean, Alun-Alun Utara, Ngasem, Taman Sari dan kembali ke Ngabean," kata Sekretaris FKKAU Krisnadi.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024