Kemenpora wacanakan satu desa satu lapangan bola

id kemenpora wacanakan satu desa

Kemenpora wacanakan satu desa satu lapangan bola

Imam Nahrawi (Foto pkb.or.id)

Kudus (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan kementeriannya mewacanakan setiap desa di Tanah Air memiliki satu lapangan sepak bola.

"Selain itu, ada sarana olah raga lainnya yang harus dimiliki oleh setiap desa, yakni lapangan bola voli," ujarnya ketika menggelar konferensi pers usai menutup Turnamen Bulu tangkis Antarmedia 2014 di PB Djarum Kudus, Kamis.

Sebelumnya, kata dia, setiap desa memang memiliki sarana olahraga yang memadai menggunakan tanah bengkok desa, kini banyak aset desa untuk kepentingan lain.

Wacana tersebut, menurut dia sudah dibicarakan dengan beberapa kementerian.

Rencananya, kata dia, hal itu akan diluncurkan pada waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Dengan adanya pembinaan atlet olahraga sejak dini, dia berharap kasus jual beli atlet tidak terjadi lagi. "Kalaupun saat ini masih ada indikasi atlet yang bukan berasal dari daerah itu, ikut membela daerah tersebut, tentunya harus ada tindakan tegas," ujarnya.

Menurut dia, tindakan tegas bisa dalam bentuk diskualifikasi atau pada pekan olahraga berikutnya daerah tersebut tidak lagi diizinkan mengikuti cabang olahraga itu. "Terus terang sangat prihatin dengan kasus seperti itu. Tentunya harus ada langkah tegas," ujarnya.

Ia berharap, jangan hanya berpikir semata ingin menang, tetapi prestasi masa depan harus dimulai dengan "fair play", dan penyiapan usia dini harus dilakukan di semua daerah.

Apabila KONI belum bisa membuat peraturan, kata dia, pihaknya yang akan membuat aturan terkait jual beli atlet.

(KR-AN)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024