Akademisi: pengelolaan pariwisata DIY perlu dikaji ulang

id pariwisata

Akademisi: pengelolaan pariwisata DIY perlu dikaji ulang

Air terjun Sri Gethuk di Kabupaten Gunung Kidul (Foto antarayogya.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pengelolaan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu dikaji ulang agar kelestarian budaya dan lingkungan terjaga, serta mampu memberikan keuntungan bagi penduduk lokal, kata seorang akademisi.

"Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata DIY menghadapi sejumlah persoalan, mulai dari kemacetan lalu lintas, kerusakan lingkungan hingga konflik dalam pengelolaan objek wisata," kata dosen Program Studi Pariwisata Universitas Gadjah Mada Mohammad Yusuf di Yogyakarta, Kamis.

Padahal, kata dia, DIY merupakan salah satu provinsi yang kaya objek wisata, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, religi hingga minat khusus sehingga tidak mengherankan apabila banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang berkunjung.

"Oleh karena itu perlu dilakukan pengkajian ulang dalam pengelolaan pariwisata DIY. Pengelolaan pariwisata DIY hendaknya dilakukan dengan menerapkan konsep pariwisata berkelanjutan dengan memperhatikan kelangsungan ekologi, budaya, sosial, dan ekonomi warga setempat," katanya.

Dengan demikian, kata dia, pariwisata DIY akan terus berkembang dan berkelanjutan. Bahkan mampu memberikan keuntungan bagi penduduk lokal serta melestarikan budaya dan lingkungan.

"Jangan sampai pengelolaan pariwisata justru mencerabut budaya lokal dan tidak memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan dari aspek ekologi, pengelolaan pariwisata diharapkan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Dari aspek budaya, pengelolaan pariwisata diharapkan dapat memperkaya budaya lokal melalui interaksi antara pendatang dengan masyarakat lokal, bukan mencerabut budaya lokal.

Selain itu, pengelolaan pariwisata dari aspek ekonomi diarahkan dapat memberikan manfaat bagi warga lokal.

"Pengelolaan pariwisata juga jangan sampai menimbulkan konflik antarwarga seperti yang terjadi dalam pengelolaan Goa Pindul di Kabupaten Gunung Kidul," katanya.

Menurut dia, upaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan bukan hal yang mudah, dibutuhkan berbagai usaha, salah satunya dengan kegiatan penelitian untuk mempertemukan kebijakan pemerintah, pelaku industri pariwisata, masyarakat, dan harapan wisatawan.

Untuk itu dirinya bersama Prof Janianto Damanik dari Pusat Studi Pariwisata (Puspar) UGM mulai menginisiasi penelitian untuk melihat manajemen pariwisata DIY melalui tiga level analisis yakni makro (negara), meso (industri pariwisata), dan mikro (kepuasan wisatawan).

"Kami berharap hasil dari penelitian itu nanti bisa memberikan kontribusi untuk membangun pariwisata berkelanjutan di DIY," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024