Pembangunan "multiyears" unggulan Yogyakarta 2015

id pemkot mltiyears pembangunan

Pembangunan "multiyears" unggulan Yogyakarta 2015

Pemerintah Kota Yogyakarta (Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta masih akan mengunggulkan program pembangunan "multiyears" pada 2015 sebagai kelanjutan program pembangunan yang sudah dimulai pada tahun ini.

"Ada beberapa program pembangunan `multiyears` yang sudah dimulai tahun ini dan akan diteruskan pada tahun depan. Program pembangunan itu masih menjadi unggulan pemerintah kota," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad di Yogyakarta, Jumat.

Salah satu program "multiyears" yang menjadi unggulan pemerintah adalah pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama yang berlokasi di bekas Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta.

"Pembangunan fisik gedung rumah sakit masih akan diteruskan tahun depan, termasuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung. Harapannya, rumah sakit tersebut sudah dapat beroperasi pada 2016," katanya.

Selain rumah sakit, program "multiyears" yang masih akan dilanjutkan tahun depan adalah pembangunan gedung Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta serta penyelesaian pembangunan Blok H Rumah Sakit Jogja.

Pada tahun anggaran 2014, Pemerintah Kota Yogyakarta menganggarkan dana sebesar Rp64 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Tipe D Pratama, sedangkan yang digelontorkan untuk pembangunan gedung Kantor Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sebesar Rp25,7 miliar dan pembangunan tahap pertama Blok H Rumah Sakit Jogja Rp24,5 miliar.

Berdasarkan Nota Pengantar Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara 2015, Pemerintah Kota Yogyakarta menetapkan tujuh program unggulan pembangunan di antaranya pembangunan di bidang sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan serta mitigasi bencana.

"Program pembangunan ditetapkan berdasarkan program nasional. Secara nasional, ada sembilan program. Namun, untuk daerah hanya mengambil tujuh program karena pembangunan di bidang keamanan dan politik menjadi ranah pusat," kata Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Yogyakarta Hari Setya Wacana mengatakan, program pembangunan fisik yang dilakukan pada tahun anggaran 2014 berjalan cukup baik.

"Pekerjaan fisik masih berjalan sesuai dengan penjadwalan yang ditetapkan. Harapannya, pekerjaan bisa selesai sesuai target," katanya. *
(E013)

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024