Pemkab bersihkan papan petunjuk jalan objek wisata

id petunjuk jalan yang menyesatkan

Pemkab bersihkan papan petunjuk jalan objek wisata

Wisata alam menyusuri gua Pindul di Gunung Kidul(Foto Antara/Noveradika)

Oleh Sutarmi

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membersihkan papan petunjuk jalan menuju objek wisata yang banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan papan petunjuk oleh penyedia jasa antar sering menyesatkan.

"Kami beberapa hari yang lalu mendapatkan laporan tentang banyaknya orang yang menyesatkan menuju objek wisata. Beberapa waktu yang lalu, mantan Kapolda Papua juga mengeluhkan hal yang sama," kata Immawan.

Ia mengatakan hal yang sama juga dikeluhkan oleh pengelola Pokdarwis Gua Pindul. Banyak penyedia jasa yang menyediakan jalur yang tidak sesuai dengan jalur semestinya. Sering memutar jauh dan menyesatkan.

"Sehingga jarak tempuh panjang dan waktu yang lama. Ada jalur yang disedikan penyedia jasa tidak sampai ke lokasi," katanya.

Immawan mengatakan sektor pariwisata menjadi andalan, sehingga semestinya menjadi pelayan yang baik.

Dia meminta seluruh papan yang menyesatkan diperlukan untuk ditertibkan karena mengganggu wisatawan.

"Saya minta kepada Satpol PP untuk melakukan patroli. Bahkan kalau diperlukan, kita patroli bersama-sama," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung Kidul Saryanto mengakui langkah penertiban perlu dilakukan. Ppan penunjuk mengganggu wisatawan.

"Kami sudah menyarankan kepada pengelola objek wisata Gua Pindul untuk tidak menggunakan jasa antar lagi,"katanya.

Saryanto mengatakan papan penunjuk tersebut menyalahi aturan. Papan penunjuk seharusnya memiliki izin. "Papan tersebut menyalahi aturan karena tidak memiliki izin," katanya.

(U.KR-STR)