Warga terima ganti rugi lahan Jembatan Sambiroto

id warga terima ganti

Warga terima ganti rugi lahan Jembatan Sambiroto

Ilustrasi (Foto Antara)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Sebanyak 31 warga Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima ganti rugi lahan untuk pembangunan Jembatan Sambiroto pada 2015.

Wakil Ketua DPRD Kulon Progo Ponimin Budihartono, Jumat, memberikan apresiasi atas kesepakatan warga untuk menerima ganti rugi lahan yang diberikan pemkab itu. "Kerelaan ini merupakan langkah positif dari warga untuk bersama-sama memajukan wilayah mereka," kata Ponimin.

Menurut dia, Jembatan Sambiroto akan menjadi infrastruktur yang sangat membantu warga Sendangsari serta Banyuroto dan sekitarnya, khususnya untuk kelancaran transportasi warga.

Ia mengatakan warga Banyuroto di bagian barat apabila akan ke Pasar Clereng atau ke kota Wates, biasanya harus menyeberang sungai. Kalau tidak, warga harus memutar, yang jaraknya hingga dua kali lipat.

"Yang kasihan para pelajar SMP 3 Pengasih. Setiap berangkat sekolah harus menyeberang, dan kalau sungai banjir mereka harus berjalan memutar dengan jarak yang sangat jauh," kata Ponimin.

Dengan dibangunnya jembatan ini, ia berharap akan dapat memacu peningkatan perekonomian warga sekitar. Terutama bagi warga Banyuroto di bagian barat yang selama ini seperti tinggal di daerah terpencil. "Sehingga, nanti kalau mau ke Pasar Clereng atau ke kota Wates untuk memasarkan hasil pertanian, jaraknya dekat," kata Ponimin.

Kades Sendangsari Sumbogo mengatakan Jembatan Sambiroto yang akan dibangun itu, untuk menghubungkan Pedukuhan Gegunung, Desa Sendangsari, dengan Pedukuhan Sambiroto, Desa Banyuroto, Kecamatan Naggulan, dengan melintasi Sungai Serang.

Ia mengatakan, sebelumnya warga keberatan dengan nilai ganti rugi sebesar Rp72.000 per meter persegi. Setelah dilakukan tiga kali pembicaraan dengan pihak aprisial, akhirnya warga sepakat dengan harga tersebut.

"Kesepakatan ini muncul karena masyarakat sadar akan pentingnya jalan dan Jembatan Sambiroto untuk meningkatkan kesejahteraan bersama," kata Sumbogo.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024