80.121 KK Gunung Kidul terima PSKS

id 80.121 kk gunung kidul

80.121 KK Gunung Kidul terima PSKS

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Sebanyak 80.121 kepala keluarga di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Gunung Kidul Dwi Warna Widi Nugraha di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan pemerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) itu sesuai dengan hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. "Seluruh data yang ada merupakan data yang sudah divalidasi oleh pemerintah pusat," kata Dwi.

Ia mengatakan data ini bisa dimungkinkan bertambah. Usulan nama tambahan bisa dilakukan jika memang ditemukan ada kepala keluarga (KK) kurang mampu yang belum masuh daftar. "Yang lebih penting ialah kelancaran pencairan program bantuan ini," katanya.

Dwi mengatakan KK yang mendapatkan bantuan harus terdaftar, sehingga akan mendapatkan bantuan. "Prinsip kami, kalau terdaftar maka akan diberikan bantuan. Tapi, kalau tidak, bantuan tersebut juga tidak akan diberikan," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Gunung Kidul Dodi Wijaya mempertanyakan program tersebut, mulai dari data jumlah penerima bantuan hingga mekanisme pencairannya. "Senin, kami akan mempertanyakan kepada Kantor Pos terkait dengan penerima bantuan," katanya.

Dia mengatakan program itu mirip Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Jangan sampai program terssebut dijadikan permainan," katanya.

Anggota Komisi D lainnya Desiyanti menambahkan, jangan sampai program ini salah sasaran. "Jangan sampai salah sasaran dalam penyalurannya," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024