Ilmu Komunikasi UII rintis kerja sama ASEAN

id ilmu komunikasi uii

Ilmu Komunikasi UII rintis kerja sama ASEAN

Universitas Islam Indonesia (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Program Studi Ilmu KomunikasI Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan merintis kerja sama di tingkat ASEAN, baik dengan universitas, lembaga profesi komunikasi, lembaga masyarakat sipil maupun instansi pemerintah.

"Hal itu merupakan strategi ke depan terkait dengan akreditasi A yang diraih Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia (UII)," kata Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UII Muzayin Nazaruddin di Yogyakarta, Jumat.

Selain di tingkat ASEAN, kata dia, Program Studi Ilmu Komunikasi UII juga akan meningkatkan kerja sama di tingkat nasional dengan lembagal-lembaga profesi seperti ISKI dan Aspikom serta lembaga-lembaga masyarakat sipil yang relevan.

"Kami juga akan menyelenggarakan konferensi nasional maupun internasional secara periodik. Penyelenggaraan konferensi internasional akan dimulai dengan penyelenggaraan `The First Conference on Communication, Culture and Media Studies` (CCCMS) 2014," katanya.

Ia mengatakan raihan akreditasi A itu merupakan tantangan bagi Program Studi Ilmu Komunikasi UII agar terus meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan prestasi di masa depan.

Strategi-strategi yang visioner, kata dia, perlu dicanangkan untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi itu di antaranya percepatan peraihan gelar akademik S-3 (doktor) bagi dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UII dan pembaruan kurikulum sesuai dengan tuntutan dan kondisi kekinian.

"Proses pembaruan kurikulum itu telah berjalan dan memasuki tahap penyempurnaan, yang kami rencanakan selesai pada awal 2015. Sebagai gambaran umum, kurikulum baru itu membawa semangat dasar `Komunikasi untuk Pemberdayaan," katanya.

Menurut dia, Program Studi Ilmu Komunikasi UII memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor SK 289/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014 dari sebelumnya terakreditasi C.

Hingga saat ini sesuai data dari BAN-PT, dari sekitar 164 Program Studi Ilmu Komunikasi yang telah terakreditasi di Indonesia baik PTN maupun PTS, baru 16 yang terakreditasi A, dan salah satunya adalah Program Studi Ilmu Komunikasi UII.

"Raihan akreditasi A itu merupakan hasil kerja kolektif seluruh dosen dan staf Program Studi Ilmu Komunikasi UII, dan beberapa pihak lain yang telah turut berkontribusi dalam proses persiapan akreditasi," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024