Dwikorita resmi dilantik sebagai Rektor UGM

id dwi

Dwikorita resmi dilantik sebagai Rektor UGM

Dwikorita Karnawati (Foto ugm.ac.id)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Prof Ir  Dwikorita Karnawati,M.Sc., PH.D secara resmi dilantik sebagai Rektor Pengganti Antar Waktu Universitas Gadjah Mada masa jabatan 2014-2017, Senin.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Sofian Effendi di Gedung Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan

dihadiri mantan Rektor UGM, Pratikno yang saat ini menjabat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Menjadi seorang rektor bukanlah tujuan utama, namun amanah untuk mengembangkan UGM yang tercinta ini," kata Dwikorita dalam sambutannnya seusai pelantikan.

Menurut dia, ia akan berkomitmen meneruskan berbagai program dan visi yang telah dimulai pada masa kepemimpinan rektor sebelumnya yang antara lain menjadikan UGM sebagai universitas riset dan kewirausahaan.

"Seperti yang telah dicetuskan oleh Prof Pratikno saya akan meneruskan cita-cita beliau untuk menjadikan UGM sebagai universitas yang mengakar kuat dan menjulang tinggi," kata Dwikorita yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Alumni UGM itu.

Mantan Rektor UGM, Pratikno bertitip pesan agar rektor baru tetap mampu melahirkan lulusan yang berbudaya namun memiliki kontribusi yang mendunia.

"Lulusan harus tetap memegang erat akar budaya dalam memajukan bangsa, karena itulah ciri khas UGM," kata Mensesneg itu.

Dwikorita telah ditetapkan sebagai Rektor Pengganti Antar Waktu (PAW) UGM melalui mekanisme musyawarah mufakat dalam sidang pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Sabtu (22/11) yang dihadiri 19 anggota MWA.

Sebelumnya terdapat lima kandidat rektor UGM pengganti Pratikno. Dua di antaranya tersisih karena tidak memenuhi syarat batas usia yang ditentukan tidak melebihi 60 tahun.

Sementara itu, dua calon rektor lainnya yakni Didik Achjari, Wakil Rektor Bidang Perencanaan Keuangan dan Sistem Informasi, serta Iwan Dwiprahasto, Wakil

Rektor Bidang Akademik menyatakan lebih memilih berkonsentrasi menjalankan tugasnya sebagai wakil rektor dan mendukung Dwikorita sebagai rektor.

Dalam acara pelantikan rektor baru UGM itu juga turut dihadiri mantan Ketua MK, Mahfud MD, Danrem 072/Pamungkas Bigjen TNI Sabrar Fadilah, Danlanud Adi Sutjipto Marsekal Pratama Yadi I Sutandika, serta Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Subagyo.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024