104 tim siap berkompetisi dalam final Gemastik

id 104 tim siap

104 tim siap berkompetisi dalam final Gemastik

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 104 tim dari 30 perguruan tinggi di Indonesia siap bertanding dalam final Pagelaran Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2014.

"Kegiatan itu digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) selama dua hari, 25-26 November 2014 dengan mengangkat tema `Kebudayaan dan Kreativitas Indonesia untuk Kedaulatan Bangsa`," kata Ketua Panitia Gemastik Senawi di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan kompetisi itu mendapatkan sambutan dan antusias yang cukup besar dari berbagai perguruan tinggi Indonesia.

Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya jumlah pendaftar yang mencapai 1.815 tim melibatkan 4.215 mahasiswa dari 166 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Dari total pendaftar kemudian dilakukan seleksi di setiap kategori sehingga diperoleh 104 tim dari sembilan kategori yang akan bertanding di final Gemastik," katanya.

Kompetisi itu, kata dia, akan melombakan sembilan kategori yakni programming, pengembangan "game", perangkat lunak, "data maining", keamanan jaringan, animasi budaya lokal, piranti cerdas, permainan bisnis, dan "user experince design".

Menurut dia, masing-masing sebanyak 10 tim dari kategori lomba pengembangan "game", perangkat lunak, "data maining", keamanan jaringan, animasi budaya lokal, piranti cerdas, dan "user experience design" dinyatakan lolos dalam tahap seleksi awal sehingga berhak maju ke babak final.

"Untuk kategori permainan bisnis berhasil meloloskan 12 tim dan kategori programming sebanyak 22 tim," kata kata Direktur Kemahasiswaan UGM ini.

Dalam kompetisi tersebut, kata dia, UGM berhasil mengirimkan 13 tim yang lolos melaju pada tahap final. Tim-tim tersebut akan bertanding di sembilan kategori yang dilombakan.

"Kami berharap nanti para finalis dapat mengikuti seluruh kegiatan perlombaan dengan lancar. Selain itu juga menaati peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama untuk mendukung jalannya perlombaan," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024