Rektor: akreditasi perguruan tinggi penting bagi lulusan

id rektor: akreditasi perguruan tinggi

Rektor: akreditasi perguruan tinggi penting bagi lulusan

Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta (Foto wallpaperlogo.wordpress.com)

Jogja (Antara Jogja) - Akreditasi perguruan tinggi penting bagi para lulusan serta keberlanjutan program studi dan peningkatan mutu institusi secara keseluruhan, kata Rektor Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta Sudarsono.

"Akreditasi perguruan tinggi merupakan suatu upaya untuk menilai dan menentukan status kualitas institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan," katanya pada wisuda periode semester ganjil 2014/2015 di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, mutu institusi perguruan tinggi merupakan totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan produk atau layanan institusi perguruan tinggi yang diukur dari sejumlah standar sebagai tolok ukur penilaian untuk menentukan dan mencerminkan mutu institusi perguruan tinggi.

"IST Akprind telah berhasil memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat B. Hal itu sebagai bentuk jaminan kepada masyarakat bahwa IST Akprind telah menyelenggarakan pendidikan berkualitas sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Ia mengatakan jika mengacu pada data yang dikeluarkan BAN PT, hingga saat ini baru terdapat 154 perguruan tinggi yang telah memperoleh AIPT dari sekitar 3.218 PTS, 93 PTN, 614 perguruan tinggi agama negeri dan swasta serta perguruan tinggi negeri kedinasan yang ada di Indonesia.

"Selain sebuah prestasi yang membanggakan, hal itu memacu IST Akprind untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas dalam mewujudkan visi dan misinya menjadi IST Akprind yang favorit," katanya.

Pada kesempatan itu IST Akprind mewisuda sebanyak 143 lulusan yang terdiri atas 108 lulusan program sarjana dan 35 lulusan program diploma tiga.

Lulusan tersebut meliputi 112 wisudawan dari Fakultas Teknologi Industri, 11 wisudawan dari Fakultas Sains Terapan, dan 20 wisudawan dari Fakultas Teknologi Mineral.

"Lulusan itu merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab IST Akprind kepada bangsa dan negara Indonesia, sekaligus merupakan wujud karya utama institut," kata Sudarsono.

Ketua Pengurus Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Soenarso Simoen mengatakan para wisudawan adalah calon-calon pemimpin masa depan.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, kata dia, para wisudawan harus menanamkan nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keterbukaan, dan keadilan yang merupakan cerminan keluhuran budi.

"Para wisudawan harus menjaga nama almamater, Insya Allah akan mampu bersaing di mana pun berada. Buktikanlah bahwa gelar yang diperoleh menunjukkan kompetensi yang dimiliki," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024