Pemkab Sleman serahkan beasiswa pelajar berprestasi

id sleman

Pemkab Sleman serahkan beasiswa pelajar berprestasi

Kabupaten Sleman (dok istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan beasiswa bagi sejumlah pelajar yang berprestasi di tingkat internasional, nasional, provinsi, dan tingkat kabupaten maupun kecamatan.

"Penyerahan beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah atas prestasi yang diberikan kepada anak didik di berbagai bidang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sunartono saat penyerahan beasiswa kepada pelajar berprestasi, Kamis.

Menurut dia, diharapkan pemberian beasiswa ini dapat dijadikan motivasi bagi para siswa untuk meningkatkan prestasinya di masa-masa mendatang. Demikian pula bagi siswa-siswa lain saya harap dapat meniru prestasi rekan-rekannya sehingga mutu pendidikan semakin baik di tahun-tahun mendatang.

"Kami bangga dan bahagia menyaksikan semakin banyaknya anak-anak Sleman yang berprestasi di berbagai bidang. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki potensi besar yang tidak kalah dibanding anak-anak di daerah lain," katanya.

Ia mengatakan, yang harus dipertahankan adalah meningkatnya jumlah prestasi dari tahun ke tahun

"Saya ingatkan pula agar anak-anakku tidak sombong atas prestasi yang didapatkan melainkan meningkatkan prestasi di masa mendatang, karena pada dasarnya mempertahankan prestasi jauh lebih sulit dibanding meraih prestasi," katanya.

Sunartono mengatakan, kecerdasan tidak hanya berupa kecerdasan akademik namun juga terkait moral dan perilaku.

"Di sinilah peran orang tua dibutuhkan sebagai pemberi tauladan bagi putra-putrinya. Terlebih lagi akhir-akhir ini sering bermunculan aksi vandalisme, dan kenakalan remaja di wilayah Sleman. Hal ini tentunya membutuhkan perhatian lebih dari orang tua agar anak-anak terhindar dari pengaruh negatif tersebut," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan tujuan diadakannya program tersebut untuk memberikan penghargaan kepada siswa SD, SMP, SMA/K serta Madrasah yang memiliki prestasi di berbagai bidang kejuaraan dan mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

"Selain itu juga untuk meningkatkan minat, bakat ketrampilan dan prestasi siswa," katanya.

Besar beasiswa jumlahnya bervariasi tergantung tingkat kejuaraannya, sedangkan untuk tahun ini jumlah penerima beasiswa keseluruhan 895 siswa dengan berbagai jenis prestasi.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024