Luas lahan bawang Bantul diperkirakan 800 hektare

id lahan bawang

Luas lahan bawang Bantul diperkirakan 800 hektare

Petani bawang merah di Bantul sedang menyiapkan hasil panen untuk dijual (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkirakan luas lahan bawang merah pada musim tanam pertama Maret-April 2015 mencapai sekitar 800-1.000 hektare.

"Luas lahan bawang merah se-Bantul pada musim tanam kedua Juli-Agustus 2014 sekitar 800 sampai seribu hektare sehingga pada musim tanam selanjutnya prediksinya tetap sama," kata Ketua KTNA Bantul Suroto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, prediksi tersebut karena bawang merah panen terakhir sekitar Oktober 2014 kualitasnya bagus sehingga selain petani bisa menjual hasil juga menyimpan lebih banyak hasil panenan untuk proses pembenihan hadapi tanam berikutnya.

"Kualitasnya bagus dan produktivitasnya mencapai 15 sampai 17 ton per hektare, sehingga petani bisa simpan benih untuk persediaan musim tanam pertama Maret-April, jadi tanamnya bisa optimal karena benih disedikan petani sendiri," katanya.

Ia mengatakan, kebutuhan benih bawang merah tiap hektarenya sekitar satu ton, sementara rata-rata petani bisa menyimpan hasil panen sekitar 1,5 sampai 1,7 ton bawang merah untuk satu hektare lahan untuk jaga-jaga benih membusuk.

"Ketika benih yang disimpan petani ada sisa, mereka juga bisa menjual, untuk harga benih tergantung di pasaran, saat ini harganya masih sekitar Rp20 ribu per kilo untuk benih yang sudah disimpan selama sekitar dua bulan," kata Suroto.

Untuk keperluan tanam bawang merah musim tanam selanjutnya, kata dia dirinya juga menyimpan sekitar dua sampai tiga ton bawang di rumahnya sendiri dengan cara digantung di atap rumah untuk memudahkan proses pembenihan.

"Sampai saat ini benih sudah berumur sekitar dua bulan karena saya panen terakhir pada Oktober, dan sejauh ini tidak ada yang busuk, mudah-mudahan dua sampai tiga bulan lagi hasilnya tetap bagus," katanya.

Sementara itu, anggota Kelompok Tani Sido Makmur Desa Srigading, Bantul, Mujiyar mengatakan, panen bawang merah pada musim tanam lalu hasilnya menguntungkan, karena dari luasan tanaman sekitar 2.800 meter persegi bisa panen sekitar tiga ton bawang merah.

"Penanaman bawang baru sekali dan hasilnya lumayan, saat ini saya menyimpan hasil panen sekitar delapan kuintal untuk musim tanam nanti, kemarin juga sudah menjual sekitar dua ton dengan harga Rp15 ribu per kilogram," katanya.

(KR-HRI)