KONI Bali dukung rencana Menpora bangun sirkuit F1

id sirkuit f 1

KONI Bali dukung rencana Menpora bangun sirkuit  F1

ilustrasi sirkuit di Sentul Bogor (Foto istimewa)

Surabaya (Antara Jogja) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mendukung program Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi membangun sirkuit balap (Moto GP dan F1) di Pulau Dewata.

"Kami sangat mendukung adanya pembangunan sirkuit di Bali karena Pulau Dewata menjadi tempat strategis untuk perkembangan dunia olahraga balap," kata Ketua Umum KONI Bali, I Ketut Suwandi, di Surabaya, Rabu.

Pihaknya mengakui rencana pembangunan sirkuit balap di Pulau Dewata tersebut dan bahkan sudah ditentukan lahan dan lokasinya yang merupakan tanah milik Pemerintah Provinsi Bali.

Suwandi mengatakan, pembangunan sirkuit tersebut akan berada didua tempat yakni di Kabupaten Jembrana dan Desa Pecatu, Nusa Dua, Badung, Bali.

"Hal ini sangat didukung oleh Pemerintah Kabupaten Badung yang sudah memastikan lokasi sirkuit itu," ujarnya.

Ia menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Pemkab Badung menyiapkan lahan seluas 23 hektar di Desa Pecatu dan 123 hektar di Kabupaten Jembrana untuk membangun sirkuit Internasional itu.

ntuk dana pembangunan tersebut kami belum tau. Namun, kemungkinan dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan dari Pemda Bali maupun pihak swasta," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi sebelum membuka acara PON Remaja di Gedung DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/12) mengakui rencana pembangunan sirkui balap tersebut sudah dibicarakan dengan Pemprov Bali.

Pihaknya mengakui pembangunan sirkuit tersebut merupakan usulan Pemerintah Provinsi Bali untuk menjadikan Pulau Dewata sebagai Destinasi Wisata Dunia.

Namun, pihak Menpora masih berkoordinasi dengan PP IMI untuk rencana pembangunan sirkuit Internasional tersebut karena untuk membangun itu perlu mengeluarkan dana APBN.

(KR-SRW)

    

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024