Menteri KP akan resmikan pengadilan perikanan

id pengadilan perikanan ambon

Menteri KP akan resmikan pengadilan perikanan

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan meresmikan Pengadilan Perikanan di Ambon, Maluku, untuk memperkuat wilayah perairan Indonesia.

"Selain melakukan tindakan hukum tegas dengan menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan, kami menggandeng Mahkamah Agung akan meresmikan Pengadilan Perikanan di Ambon," kata Susi Pudjiastuti di Sleman, Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, hal ini sengaja dilakukan untuk mewujudkan sinergitas dengan kemaritiman, serta menjaga kekayaan laut Indonesia dari penjarahan bangsa asing.

"Hal lain yang juga mendapat perhatian adalah banyaknya kapal asing masuk menggunakan warga Indonesia untuk melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, hal ini juga yang dijadikan alasan Kementerian Kelautan dan Perikanan mendirikan Pengadilan Perikanan.

"Meski nanti sudah ada Pengadilan Perikanan, tindakan berupa penenggelaman kapal asing pencuri ikan akan terus dilakukan dengan berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo," katanya.

Susi mengatakan, tidak semua kapal asing yang mencuri ikan akan ditenggelamkan, beberapa akan disita dan diberikan kepada nelayan Indonesia.

"Kami akan menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan pada 15 Desember, namun untuk berapa banyak kapal yang akan ditenggelamkan dan dari mana asal negaranya belum bisa kami sampaikan," katanya.
(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024