BI DIY siapkan Rp1,6 triliun jelang Natal

id bi diy siapkan

BI DIY siapkan Rp1,6 triliun jelang Natal

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja)- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan uang kartal senilai Rp1,6 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat di daerah ini selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2015.

"Penyediaan uang kartal sesuai dengan jumlah pecahan yang dibutuhkan masyarakat seperti pola musiman lainnya," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIY, Arief Budi Santoso di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, jumlah pemenuhan kebutuhan uang itu mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama pada Desember 2013 yang mencapai Rp2,28 triliun.

Penurunan persediaan uang dibanding periode yang sama tahun lalu, menurut dia, karena diperkirakan permintaan dan transaksi uang di DIY pada akhir tahun hingga awal 2015 belum terlalu signifikan.

"Kami menilai permintaan sampai saat ini masih wajar. Selain itu penukaran uang saat Natal juga tidak segencar seperti Lebaran," kata dia.

Menurut dia, penurunan aktivitas transaksi uang di kalangan masyarakat cenderung terpengaruh oleh melemahnya situasi perekonomian secara nasional yang juga dipicu kenaikan harga BBM bersubsidi.

Ia mengatakan, untuk Natal dan Tahun Baru pihaknya tidak akan membuka loket penukaran uang baru seperti pada masa Lebaran. Sebab, kebutuhan uang di DIY lebih cenderung didominasi oleh para wisatawan yang tidak membutuhkan uang pecahan baru. "Kalau Natal dan Tahun baru, kebutuhan uang lebih banyak untuk wisatawan yang berlibur di Yogyakarta," kata dia.

Ia menyarankan kepada masyarakat agar tidak membelanjakan uang berlebihan dalam merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru. "Biasanya saat akhir tahun menjelang tahun baru masyarakat terlalu boros membelanjakan uang," kata Arief.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024