Pakar: domain teknologi pembelajaran bantu Kurikulum 2013

id pakar: domain teknologi

Pakar: domain teknologi pembelajaran bantu Kurikulum 2013

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Domain teknologi pembelajaran dapat membantu keberhasilan implementasi dan revisi Kurikulum 2013 jika dikaji dan diterapkan secara tepat, kata pakar pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta Abdul Gafur Daniasemino.

"Domain teknologi pembelajaran itu meliputi desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi terhadap proses dan sumber untuk belajar," katanya di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, domain desain membantu kompetensi guru dalam mendesain kurikulum dan pembelajaran yang sistematis.

"Hal itu dilakukan dengan memanfaatkan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran, memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk kegiatan pembelajaran bagi siswa yang telah dianalisis karakteristiknya dengan tepat," katanya.

Ia mengatakan domain pengembangan membantu memecahkan masalah produksi berbagai media yang meliputi media cetak, audiovisual, media berbasis komputer, dan kombinasi berbagai media tersebut.

Domain pemanfaatan, kata Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu, membantu peningkatan pemanfaatan media, pendirian pusat-pusat sumber belajar berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi.

Selain itu juga membantu dikeluarkannya kebijakan dan pengaturan tentang pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk pembelajaran, dan penyebarluasan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran.

Menurut dia, domain pengelolaan atau manajemen mendorong peningkatan keterampilan manajerial bagi para guru dan tenaga kependidikan yang meliputi pengelolaan organisasi, personalia, proyek, sistem informasi, dan pengelolaan sistem penyampaian.

"Domain evaluasi membantu penguasaan keterampilan menganalisis masalah, analisis kebutuhan, penguasaan terhadap berbagai konsep, prinsip, dan prosedur evaluasi untuk kegiatan pembelajaran," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024