2.015 obor akan semarakkan Kaliurang

id obor semarakkan kaliurang

2.015 obor akan semarakkan Kaliurang

Objek wisata Kaliurang,sleman (rentalmobilyogyakarta.net)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 2.015 obor akan dipasang di sepanjang jalan menuju objek wisata Kaliurang, di Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Gebyar Objek dan Daya Tarik Wisata untuk menyemarakkan pergantian malam tahun baru.

"Gebyar Objek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) 2014 dilaksanakan di kawasan Telaga Putri Kaliurang, seputar Taman Kanak-Kanak Kaliurang dan kawasan Gardu Pandang Kaliurang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di Sleman, Kamis.

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut akan dipajang obor sejumlah 2.015 buah yang dipajang di sepanjang jalan utama di seluruh kawasan objek wisata Kaliurang.

"Hal ini sebagai bentuk simbol semangat masyarakat Kaliurang dalam menyambut tahun 2015. Diharapkan seluruh warga masyarakat di Kaliurang dan pelaku wisata yang berada di Kaliurang dapat berpartisipasi dengan pengadaan obor ini," katanya.

Ia mengatakan, gebyar ODTW juga dimeriahkan festival lampion dengan peserta dari kelompok masyarakat Kaliurang berjumlah 22 kelompok.

"Hasil karya festival lampion�akan dipajang di sepanjang jalan utama kawasan Kaliurang, mulai dari pintu gerbang utama jalan Kaliurang dan berakhir di kawasan Telaga Putri," katanya.

Ayu mengatakan, festival lampion akan diberikan penilaian oleh tim juri, dan akan dipilih lima kelompok lampion terbaik.

"Hasil karya lampion akan dipajang dan dinilai oleh tim juri mulai 21 Desember 2014 sampai dengan 31 Desember 2014," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan lain adalah festival penjor dengan peserta dari kelompok masyarakat Kaliurang dan sekitarnya berjumlah 16 kelompok . akan diprioritaskan bagi kelompok/RT yang berada di sepanjang jalan utama.

"Hasil karya festival penjor akan dipajang disepanjang jalan utama kawasan Kaliurang, mulai dari pintu gerbang utama jalan Kaliurang dan berakhir di kawasan Telaga Putri. Festival penjor juga akan diberikan penilaian oleh tim yuri, dan akan dipilih lima kelompok penjor terbaik. Hasil karya penjor akan dipajang dan dinilai oleh tim juri mulai 24 Desember 2014 sampai dengan 31 Desember 2014," katanya.

Menutup rangkaian ODTW, kata dia, akan digelar kirab budaya tradisi masyarakat Kaliurang dan sekitarnya pada malam pergantian tahun, sebagai event pendukung untuk lebih menyemarakkan kawasan objek wisata Kaliurang.

"Kirab budaya dengan start dari Tugu Udang dan berakhir di kawasan Telaga Putri. Kirab budaya tradisi akan diikuti oleh komunitas- komunitas budaya �masyarakat Kaliurang dan sekitarnya yang berjumlah 10 kelompok," katanya.
(V001)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024