Pemkab bangun jalan Perbukitan Menoreh 20 km

id menoreh

Pemkab bangun jalan Perbukitan Menoreh 20 km

Kawasan Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo, DIY (id.wikipedia.org)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun infrastruktur jalan wilayah Perbukitan Menoreh sepanjang Samigaluh-Girimulyo melalui Gua Kiskendo-Kokap-Temon sepanjang 20 kilometer menuju bandara.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan infrastruktur ini merupakan bagian dari kebijakan "Bedah Menoreh".

"Pembangunan infrastruktur jalan wilayah Perbukitan Menoreh diproyeksi menghabiskan anggaran Rp20 miliar," katanya.

Hasto merinci kebutuhan anggaran untuk membuat badan jalan selebar tujuh meter membutuhkan anggaran Rp400 miliar, apabila panjangnya satu kilometer membutuhkan anggaran Rp1 miliar.

"Pembangunan ini bisa menggunakan dana keistimewaan (danais). Setiap tahunnya, danais untuk kabupaten/kota di DIY bisa Rp70 miliar, apabila ada keberanian dari SKPD pengampu, pembangunan ini akan cepat terealisasi," katanya.

Menurutnya, danais dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan menuju objek wisata.

"Bedah Menoreh ini dikerjakan secara bertahap, dimana sebagian anggarannya melalui danais. Infrastruktur jalan yang akan kami bangun merupakan penghubung antarobjek wisata," kata Hasto.

Selain itu, kata Hasto, pihaknya juga menggandeng calon dan investor tambang batu andesit wilayah utara untuk berperan serta membangun infrstruktur jalan.

"Kami melakukan pendekatan pada investor yang ada di Kokap membantu pemerintah membangun jalan. Untuk meringankan beban pemerintah. Investor membantu pembangunan jalan sepanjang delapan kilometer," katanya.

Ketua DPRD Kulon Progo Akhir Nuryati mengatakan, selama ini, pembangunan dititikberatkan di selatan seperti pasir besi, bandara dan pelabuhan.

"Pemkab segera melakukan Bedah Menoreh dengan percepatan pembangunan infrastruktur jalan," kata Akhid.

Ia mengatakan Bedah Menoreh ini dipusatkan di wilayah utara yakni di Kecamatan Kokap, Girimulyo, Samigaluh, dan Kalibawang. Titik fokus pembangunan nanti pada sektor pariwisata, sehingga akan bermanfaatkan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

"Kami mendukung, pemkab membangun infrastruktur jalan dan fasilitas lain yakni jalan menuju Sendangsono (Kalibawang), Gua Kiskenda (Girimulyo), Kebun TehnTritis dan Puncak Suroloyo (Samigaluh) dan Sermo (Kokap)," kata dia.
KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024