Polres Gunung Kidul sita puluhan minuman keras

id sita minuman keras

Polres Gunung Kidul sita puluhan minuman keras

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dibantu personel Kepolisian Sektor Semanu menyita 89 botol berbagai minuman keras oplosan dan minuman keras pabrikan dari hasil razia di sejumlah warung.

Kapolsek Semanu AKP Riyanto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan banyaknya kasus minuman keras oplosan di sejumlah wilayah di Yogyakarta menyebabkan pihaknya melakukan tindakan secepatnya, agar kejadian serupa tidak terjadi di wilayah hukumnya. "Tadi sempat kejar-kejaran dengan empat pemuda, saat penggerebekan," kata Riyanto.

Dalam penggerebekan ini, lanjut Riyanto, polisi berhasil mengamankan puluhan botol miras berbagai jenis dari rumah milik Yanti, seorang pedagang yang selama ini dikenal sebagai penjual minuman keras di wilayah Semanu.

Adapun miras yang berhasi disita yakni jenis vodka sebanyak empat botol, anggur kolesom sebanyak empat botol dan ciu yang dikemas dalam botol bekas minuman sebanyak 81 buah. "Petugas mengamankan sebuah boks yang ada di belakang rumah, dan di dalamnya berisi miras," katanya.

Dia mengatakan seluruh barang bukti langsung dibawa ke markas Polsek Semanu. Sedangkan pemiliknya, Yanti, dimintai keterangan oleh penyelidik. "Pemilik rumah tidak mengakui kalau minuman keras itu miliknya," katanya.

Dia berharap, dengan terus diselenggarakan razia ini, keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 bisa berjalan dengan baik. Selain itu, dia meminta peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas. "Masyarakat kami minta untuk proaktif untuk melaporkan jika ada peredaran minuman keras," katanya.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan menjelang Natal dan Tahun Baru 2015 tidak hanya minuman keras, namun gangguan kamtibmas yang lain juga menjadi sasaran. "Selain minuman keras, narkoba dan porno aksi, kami terus melakukan razia agar perayaan Natal dan Tahun Baru 2015 berjalan lancar," katanya.

Untuk itu, pihak kepolisian menggelar Operasi Lilin Progo 2014 yang akan dimulai Kamis (24/12). "Kami berharap masyarakat proaktif dalam mendukung Operasi Lilin Progo," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024