Bantul gelar pelatihan mekanisasi alat pertanian

id bantul

Bantul gelar pelatihan mekanisasi alat pertanian

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pelatihan mekanisasi alat pertanian untuk kelompok tani setempat sebagai upaya percepatan pembangunan pertanian di daerah ini.

"Kebetulan pelatihan mekanisasi pertanian kali ini pada `hand sprayer` (alat penyemprot), sebelumnya juga pernah digelar untuk mesin pompa air," kata panitia penyelenggara pelatihan Waston Nurhadi di sela kegiatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bantul, Jumat.

Waston dari staf Seksi Data dan Sarana Pertanian Dispertahut Bantul ini mengatakan pelatihan mekanisasi pertanian bertujuan mengoptimalkan fungsi alat pertanian sehingga dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan hasil pertanian.

"Yang kami tekankan pada pelatihan ini adalah bagaimana kelompok tani dalam menggunakan alat pertanian yang sesuai aturan, karena kadang petani menggunakan misalnya aplikasi pestisida berlebihan," katanya.

Apalagi, kata dia tidak jarang kelompok tani menggunakan alat pertanian bantuan pemerintah tidak pada tempatnya, misalnya pompa air yang seharusnya untuk keperluan irigasi pertanian namun dimanfaatkan untuk fungsi lain misalnya cuci motor.

"Jadi bagaimana kelompok tani bisa mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi alat pertanian itu, toh hasilnya juga untuk kesejahteraan petani," katanya.

Pelatihan yang digelar Dispertahut Bantul tersebut diikuti sebanyak 50 kelompok tani yang tersebar di seluruh Bantul, tiap kelompok mengirimkan wakil masing-masing dua orang, dan di akhir acara setiap kelompok tani mendapat bantuan `hand sprayer`.

"Untuk satu kelompok tani mendapat bantuan lima unit `hand sparyer`, bantuan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul, untuk nilai bantuan ini saya tidak hapal berapanya," kata Waston.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyalurkan bantuan alat pertanian dari Kementerian Pertanian (Kementan) kepada kelompok tani berupa 37 traktor, alat pertanian itu saat ini masih disimpan di Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul.

.KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024