Sleman salurkan bantuan sarana pertanian Rp2,32 miliar

id sleman

Sleman salurkan bantuan sarana pertanian Rp2,32 miliar

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyalurkan bantuan alat pertanian, perikanan, dan kehutanan kepada 113 kelompok tani senilai Rp2,32 miliar,  Jumat.

Penyerahan dilakukan Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Widi Sutikno.

Menurut Widi Sutikno bantuan yang diserahkan terdiri dari pompa air 25 buah untuk 25 kelompok, dan traktor 80 buah dari dana APBN dan delapan buah traktor dari dana APBD Sleman untuk 80 kelompok.

Dalam kesempatan ini juga hadir Kepala Bidang Tanaman Pangan DIY Sarworini Setyobudi Astuti yang menyampaikan bahwa DIY mendapat bantuan 125 traktor dan 80 buah untuk Kabupaten Sleman dan menyampaikan pesan dari Presiden melalui Kementrian Pertanian bahwa bantuan alat pertanian ini agar dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin bila perlu bisa disewakan dan uang hasil sewa bisa dimanfaatkan kelompok.

"Alat pertanian juga harus dijaga dan dipelihara sehingga harapan pemerintah pusat dalam waktu tiga tahun Indonesia dapat swasembada beras, jagung dan kedelai," katanya.

Sedangkan Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan agar kelompok tani penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan sarana dan prasarana pertanian ini seoptimal mungkin.�

"Pemkab Sleman memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung upaya swasembada beras, jagung dan kedelai yang dicanangkan pemerintah pusat tiga tahun ke depan," katanya.

Ia mengatakan, walaupan tidak mungkin membuka lahan baru tetapi dengan intensifikasi diharapkan dapat memenuhi target untuk swasembada beras, jagung dan kedelai.

"Jumlah bantuan dari pemerintah pusat yang begitu besar sejumlah 80 buah traktor merupakan kepercayaan dari pemerintah pusat bahwa petani Sleman akan dapat memanfaatkan bantuan untuk meningkatkan produktifitas pertanian di Sleman," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024