Pemkab Kulon Progo lelang jabatan eselon II

id Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo lelang jabatan eselon II

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana melakukan sistem lelang jabatan dalam pengisian jabatan eselon II.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Astungkoro di Kulon Progo, Minggu, mengatakan lelang jabatan eselon II ini nantinya tidak hanya diperuntukan bagi pejabat di Kulon Progo saja, tetapi dari luar juga bisa ikut, sehingga semakin banyak kompetitornya.

"Kami dari seluruh anggota Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) sudah sepakat untuk mengubah proses mutasi dan promosi jabatan berdasar pada hasil dan pengamatan kegiatan-kegiatan," ucap Astungkoro.

Astungkoro berharap setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) membuat agenda kegiatan atau sebuah proyek perubahan yang sesuai dengan tempat kerjanya.

Ia mencontontohkan kegiatan pemecahan suatu tema masalah, seperti kemiskinan dan kedepan dengan tema-tema yang lain. Pembahasan tema antaranggota kelompok, dan diwaktu mendatang di putar antara kelompok satu dengan yang lain.

"Kalau ada pejabag dimutasi dari kecamatan ke SKPD atau sebaliknya, sudah tidak membutuhkan waktu lama dalam penyesuaian

pekerjaan," ujarnya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pembuatan tema kegiatan selalu mengedepankan kelompok atau kebersamaan dengan menggusung visi yang sama, sehingga tidak berpikir parsial, berpikir bukan lagi ego sektoral, atau berpikir terkotak-kotak, tetapi sistem.

Menurut Hasto, sistem terbukti mempengaruhi orang, seperti adanya ungkapan bahwa kalau diletakkan di dalam sistem yang sama maka setiap orang meskipun berbeda cenderung mengeluarkan hasil yang serupa.

"Kita harus sadari bersama bahwa visi kebersamaan dalam suatu sistem itu penting, meskipun memang kadang sangat sulit karena sistem itu sangat kompleks dan detail. Sukses SKPD itu sebenarnya juga dipengaruhi oleh SKPD yang lain, untuk itu jangan ada egoisme SKPD," tutur Hasto.

(KR-STR)