Dishub siagakan personel pergantian tahun di parangtritis

id dishub siaga tahun baru

Dishub siagakan personel pergantian tahun di parangtritis

Dinas Perhubungan, logo (ist)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiagakan 41 personel untuk memantau dan mengatur arus lalu lintas di jalur wisata Parangtritis menghadapi perayaan pergantian tahun ini ke 2015.

"Dalam rangka pengamanan arus lalu lintas tahun baru 2015, kami menugaskan 41 personel yang ditempatkan di sembilan titik sepanjang Jalan Parangtritis," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, Suwito di Bantul, Senin.

Menurut dia, sembilan titik tersebut meliputi simpang empat Druwo, simpang tiga Tembi, depan Pasar Seni Gabusan, simpang empat Manding, simpang empat Bakulan, simpang tiga Pundong (sempalan Pundong), simpang empat Paker, simpang tiga Ngangkruk Sari dan relokasi Parangtritis.

Ia mengatakan, pengaturan arus lalu lintas difokuskan di jalur wisata tersebut karena dipastikan objek wisata Pantai Parangtritis akan menjadi pusat berkumpulnya masyarakat maupun wisatawan yang akan merayakan pergantian tahun.

"Kalau di Bantul puncak keramaian saat perayaan tahun baru nanti ada di Parangtritis dan sebagian di Pantai Depok (sebelah barat Parangtritis), sehingga jalur menuju kawasan wisata itu akan dipadati kendaraan," kata Suwito.

Bahkan pihaknya memprediksi jumlah kendaraan yang akan masuk ke wilayah DIY sekitar 700 sampai 900 unit untuk roda dua, sementara kendaraan roda empat 400 sampai 500 unit, yang sebagian akan mengunjungi Pantai Parangtritis.

"Selain pengaturan arus lalu lintas, akan dilakukan peningkatan penertiban dan keamanan pada simpul-simpul transportasi, yakni terminal Palbapang dan terminal Parangtritis yang bertugas memandu informasi penumpang dan kendaraan," katanya.

Suwito mengatakan, apabila terjadi lonjakan pengunjung objek wisata Pantai Parangtritis pada malam tahun baru 2015, pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah dengan ruas jalan TPR Parangtritis sampai simpang tiga Hotel Gandung (arah selatan).

"Kemudian arus balik dari arah Pantai Parangtritis sampai dengan simpang tiga hotel Gandung diarahkan belok ke barat menuju Pantai Depok sampai simpang tiga TPR, kemudian dari TPR ke utara ke arah Yogyakarta," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024