Dinas: harga kebutuhan pokok stabil jelang Natal

id harga kebutuhan pokok

Dinas: harga kebutuhan pokok stabil jelang Natal

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, cenderung stabil menjelang hari raya Natal, kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi setempat Sahadi.

"Harga kebutuhan pokok saat ini relatif stabil, meski ada kenaikan namun tidak terlalu signifikan, liburan dan Natal ini tidak berpengaruh dengan harga-harga kebutuhan pokok," katanya saat diikonfirmasi terkait harga kebutuhan pokok di Bantul, Rabu.

Menurut dia, menjelang libur Natal dan Tahun Baru ini pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan memantau harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional, dan sejauh ini berdasarkan pengamatan harga kebutuhan seperti cabai relatif stabil.

"Sudah diantisipasi sejak kemarin, termasuk memantau bagimana stok di pasar, sejauh ini pasokan barang lancar dan mencukupi kebutuhan masyarakat, kalaupun ada kekurangan kami koordinasikan dengan pasar induk," katanya.

Sementara itu, pedagang kebutuhan pokok di pasar Bantul, Widi mengatakan, harga berbagai kebutuhan pokok strategis dalam beberapa hari terakhir ini rata-rata masih stabil, meskipun beberapa waktu lalu sempat turun setelah harga mengalami kenaikan.

"Untuk cabai yang biasa untuk lalapan stabil, akhir-akhir ini sekitar Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per kilogram, sebelumnya kan Rp50 ribu per kilogram, sedangkan cabai `teropong` berkisar antara Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per kilogram," katanya.

Sementara untuk cabai keriting pekan ini harga stabil Rp60 ribu sampai Rp65 ribu per kilogram, sempat menurun dari beberapa pekan lalu yang mencapai harga Rp70 ribu per kilogram, kemudian harga cabai rawit merah masih stabil tinggi sekitar Rp73 ribu per kilogram.

"Kalau sebelumnya kan harga-harga pada naik pas harga bensin (BBM) naik, namun akhir-akhir ini sudah turun, namun harganya tetap tinggi," katanya.

Sedangkan harga bawang merah yang ia jual saat ini berkisar Rp16 ribu sampai Rp17 ribu per kilogram, bawang putih Rp16 ribu sampai Rp17 ribu, sementara harga tomat justru naik dari Rp7 ribu sampai Rp8 ribu menjadi Rp9 ribu sampai Rp10 ribu per kilogram.

"Untuk pasokan juga lancar, sebagian ada yang dari pasar Induk Giwangan Yogyakarta, juga dari Brebes (Jawa Tengah) untuk bawang merah, sedangkan untuk permintaan tetap ajeg, musim liburan dan Natal ini tidak begitu berpengaruh," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024