Polda amankan puluhan lokasi perayaan tahun baru

id polda diy tahun

Polda amankan puluhan lokasi perayaan tahun baru

Polda D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Sleman (Antara Jogja) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta memetakan puluhan lokasi untuk dijaga keamanannya, karena diperkirakan akan menjadi tempat berkumpulnya warga pada perayaan menyambut Tahun Baru 2015.

"Ada puluhan titik atau lokasi yang akan kami jaga keamanannya, terutama kawasan Jalan Malioboro dan Alun-alun," kata Direktur Lalu Lintas Polda DIY AKBP Tulus Ikhlas Pamuji, Selasa.

Menurut dia, dari hasil pendataan, di wilayah Kota Yogyakarta selain kawasan Malioboro dan sekitarnya, pergantian tahun akan dirayakan di kawasan simpang empat Tugu, Satdion Mandala Krida, Gembira Loka Zoo, dan Borobudur Plaza.

"Di wilayah Kabupaten Sleman, perayaan akan dilakukan di Desa Wisata Kembang Arum Turi, Desa Wisata Kelor Bangunkerto, Kawasan Candi Boko-Prambanan, Kaliurang, Lapangan Denggung, Stadion Maguwoharjo, GOR UNY, hingga kawasan Ambarrukmo Plaza," katanya.

Ia mengatakan, untuk wilayah Kabupaten Bantul perayaan Tahun Baru akan digelar diantaranya di Makam Imogiri, berbagai pantai selatan, Lapangan Paseban, kawasan Kids Fun, Goa Selarong, Kasongan, Agrowisata Sedayu, hingga Jogja Expo Center (JEC).

"Sementara titik-titik konsentrasi di Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul adalah di masing-masing alun-alun utama kabupaten," katanya.

Tulus mengatakan, pihaknya telah menyiapkan jalur-jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan di jalur-jalur utama.

"Buka tutup jalan akan kami berlakukan terutama di Malioboro, yang akan diberlakukan mulai jam 18:00," katanya.

Ia mengatakan, sekitar 250 personel Polisi Lalu Lintas Dirlantas Polda DIY siap beroperasi penuh pada malam pergantian tahun nanti.

"Kami juga memetakan kantong-kantong parkir guna mencegah kepadatan di berbagai titik. Kami akan mewaspadai masyarakat yang membawa minumas keras, senjata api, senjata tajam, bahan peledak, dan petasan atau mercon," katanya.
(V001)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024