Jurusan Teknik Kimia UGM raih akreditasi internasional

id UGM

Jurusan Teknik Kimia UGM raih akreditasi internasional

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Jurusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meraih akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (Icheme), salah satu lembaga standar mutu internasional dalam bidang teknik kimia.

"Prestasi itu menjadikan UGM sebagai universitas pertama memperoleh akreditasi Icheme di Indonesia. Icheme adalah lembaga akreditasi pendidikan tinggi teknik kimia yang berbasis di London, Inggris," kata Ketua Jurusan Teknik Kimia UGM Mohammad Fahrurrozi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, untuk mendapatkan akreditasi itu pihaknya harus menunggu selama tiga tahun untuk mengikuti tahap proses evaluasi secara menyeluruh dan terus menerus melakukan perbaikan baik dari sisi kurikulum, sumber daya maupun "safety culture" yang menjadi aspek penilaian Icheme.

"Dari aspek sumber daya, Icheme menilai 20 dosen teknik kimia telah menjadi anggota Icheme sebelumnya. Jurusan Teknik Kimia UGM bahkan dinilai memiliki kurikulum dengan standar internasional yang menganut `outcome based education` (OBE)," katanya.

Meskipun demikian, kata dia, penilaian akreditasi program studi teknik kimia tidak hanya dilihat dari aspek "learning outcome" yang tertera dalam kurikulum, capaian pembelajaran yang dinilai dari kompetensi yang dicapai mahasiswa setelah menyelesaikan proses pembelajaran.

"Mahasiswa pun dituntut untuk menguasai kompetensi teknis wajib dan `success skills` agar siap bersaing di dunia kerja," kata Fahrurrozi.

Ia mengatakan dengan diraihnya akreditasi itu program S-1 Jurusan Teknik Kimia UGM sudah bisa disejajarkan dengan program teknik kimia di sekolah-sekolah ternama dunia.

Bahkan, akreditasi itu juga akan semakin membuka peluang dan jaringan Jurusan Teknik Kimia UGM di tingkat global sehingga secara langsung akan berdampak pada peningkatan daya saing lulusan yang akan menjadi insinyur kimia andal dalam pasar kerja global.

"Akreditasi internasional itu menjadi tanggung jawab jurusan untuk memastikan lulusannya mempunyai kualifikasi yang diterima secara internasional," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024