PDIP jaring enam calon bupati Pilkada 2015

id pdip pilkada 2015

PDIP  jaring enam calon bupati Pilkada 2015

PDIP (dok istimewa)

Gunung Kidul  (Antara Jogja) - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta menjaring enam nama calon bupati yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gunung Kidul 2015.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Eko Suwanto di Gunung Kidul, Minggu mengatakan proses penjaringan calon bupati di tiga daerah, yakni Sleman, Bantul, dan Gunung Kidul, sudah selesai dilakukan beberapa waktu yang lalu.

"Saat ini menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan, siapa yang akan dipilih menjadi calon. PDI Perjuangan DIY berupaya merebut kemenangan dalam Pilkada 2015 di Gunung Kidul, dan dua kabupaten lainnya," kata Eko.

Menurut Eko, Pilkada 2015, khusus Gunung Kidul memiliki tantangan tersendiri, apabila dibandingkan empat daerah lainya. Di beberapa pilkada lalu calon dari partai berlogo banteng moncong putih ini kalah. Sehingga diperlukan upaya kader untuk memenangkan.

Eko mengatakan upaya yang dilakukan untuk memenangkan ialah dengan mengupayakan kader untuk turun ke tingkat desa. Menurutnya, desa merupakan kunci kemenangan menarik simpati rakyat.

"Kader harus turun ke desa, apabila tidak mau turun jangan berharap menang," katanya.

Disinggung mengenai adanya dari kalangan Nadhatul Ulama (NU) yang bergabung dalam pilkada untuk menjadi wakil bupati, Eko mengatakan, NU dan PDI Perjuangan memiliki kesamaan sejarah.

"Adanya spirit yang sama, kultur juga sama khususnya di Gunung Kidul yang melestarikan kebudayaan Jawa," kata Eko.

Ia menambahkan, PDI perjuangan mendukung uji publik untuk bupati dan wakil bupati. Harapannya, akan diperoleh calon yang merakyat.

"Kami mendukung uji publik baik untuk bupati dan wakil bupati, sebelun pilkada berlangsung," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Budi Utama mengatakan ada enam orang nama calon bupati yang dikirim ke DPP PDI Perjuangan. Adapun nama-namanya yakni Budi Utama, Djangkung Sudjarwadi, Bambang Krisnadi, Ali Ridho, Supriyadi, dan Ahmad Fikri.

"Kami menunggu rekomendasi siapa yang akan menjadi calon dari DPP," katanya.

Ia mengatakan siapa nantinya yang terpilih menjadi calon bupati akan didukung oleh seluruh kader, sehingga Gunung Kidul dimenangkan oleh calon yang diusung oleh PDI Perjuangan.

"Kami harus dukung siapapun yang nantinya akan menjadi calon dari PDI Perjuangan," katanya.
(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024