BPBD DIY imbau masyarakat waspadai luapan sungai

id luapan sungai

BPBD DIY imbau masyarakat waspadai luapan sungai

Ilustrasi luapan sungai (antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah Kota Yogyakarta untuk mewaspadai luapan sungai pada puncak musim hujan ini.

"Sungai-sungai berhulu Gunung Merapi yang melewati wilayah Kota Yogyakarta rawan terjadinya luapan selama puncak musim hujan," kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Enaryaka di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, kondisi sejumlah sungai tersebut saat ini sudah mengalami penyempitan karena di tepi-tepinya sudah semakin banyak pemukiman.

"Khusus wilayah Kota Yogyakarta, selama puncak musim hujan ini harus diwaspadai luapan air sungai ke pemukiman. Beberapa sungai yang melewati kota, seperti Gajah Wong, Winongo, dan Code, sangat rawan meluap. Karena sungai-sungainya sudah mengalami penyempitan," katanya.

Ia mengatakan, kewaspadaan ini harus ditingkatkan, mengingat puncak musim hujan yang terjadi pada Januari ini, baru mulai menurun pada pertengahan Februari.

"Selain itu juga setiap musim hujan berlangsung, bencana banjir ke pemukiman warga di tepi sungai juga selalu terjadi," katanya.

Enaryaka mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, beberapa hari terakhir ini pihaknya telah mengintensifkan koordinasi dengan para relawan dan petugas dari BPBD Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

"Kami siap siagakan, peralatan yang diperlukan semua juga harus mulai siap," katanya.

Ia mengatakan, petugas TRC dari BPBD DIY sebanyak 36 orang juga disiagakan selama 24 jam. Selain itu juga, posko induk akan didirikan untuk memantau ancaman bencana di seluruh wilayah DIY.

"Untuk wilayah Bantul sudah diberlakukan status tanggap darurat, sementara yang lainnya, Gunung Kidul, Kulon Progo, Yogyakarta, dan Sleman telah kita kumpulkan juga instansi terkait. Kemungkinan akan dinaikkan statusnya dari normal ke siap siaga bencana," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024