Bupati Sleman: pengurangan kemiskinan bertumpu pada pemberdayaan

id sleman

Bupati Sleman: pengurangan kemiskinan bertumpu pada pemberdayaan

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menegaskan, penanganan kemiskinan harus bertumpu pada upaya pemberdayaan masyarakat miskin.

"Program pemberdayaan masyarakat miskin juga harus berkelanjutan, dari yang bersifat karitatif, edukatif sampai pada penguatan modal usaha dan pendampingan manajemen usaha," kata Sri Purnomo saat Peluncuran Dana Sosial di Cangkringan, Sabtu.

Menurut dia, angka kemiskinan memang tidak bisa diupayakan menjadi nol (zero), namun semua pihak harus terus berupaya agar dari tahun ke tahun prosentasenya semakin menurun.

"Penyerahan dana sosial ini diharapkan semakin memantapkan pelaksanaan program PNPM di dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya diharapkan masyarakat yang menerimanya dapat segera memanfaatkannya untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya," katanya.

Ia mengatakan dana sosial yang disalurkan melalui kelompok simpan pinjam (SPP) ini dimanfaatkan sebaik-baiknya.
"Dana ini agar dimanfaatkan untuk modal kegiatan ekonomi produktif atau mengembangkan usaha yang selama ini telah digeluti namun terbentur pada masalah pengadaan alat dan modal," katanya.

Sri Purnomo mengatakan agar penerima manfaat diharapkan walaupun dana yang disalurkan adalah dana sosial, namun jangan sampai dana ini dipergunakan untuk kegiatan konsumtif atau untuk keperluan yang tidak produktif.

"Jika bantuan dalam bentuk hewan maka peliharalah dengan baik sehingga dapat berkembang biak dengan baik pula. Selain itu bantuan peralatan produksi, hendaknya dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas usaha secara optimal," katanya.

Ia mengatakan bantuan ini akan meningkatkan akses dan kesempatan masyarakat untuk memberdayakan dirinya dalam bentuk kegiatan ekonomi. "Sudah barang tentu, hal tersebut akan berdampak pada kesejahteraan keluarga dan kualitas hidup masyarakat, sehingga akan mempercepat rumah tangga miskin `mentas` dari kemiskinannya," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024