Polres Gunung Kidul hapus calo pelayanan umum

id calo

Polres Gunung Kidul hapus calo pelayanan umum

Mapolres Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya menghapus calo yang selama ini diindakasikan masih banyak di sejumlah lokasi pelayanan umum.

Kepala Satuan Lantas Polres Gunung Kidul AKP Yugi Bayu Hindarto di Gunung Kidul, Senin mengatakan pihaknya berjanji akan menindak tegas calo yang berkeliaran di pelayanan umum, seperti pengurusan SIM dan STNK.

"Kami menyinyalir untuk saat ini sudah berkurang, namun kami akan membebaskan pelayanan di polres dari praktik tersebut. Hal ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Yugi.

Ia mengatakan pihaknya akan menindak sesuai dengan hukum yang berlaku. Praktik tersebut sangat merugikan semua pihak, terutama akan berdampak langsung kepada masyarakat.

"Kami berharap masyarakat menghindari penggunaan calo setiap mengurus surat-surat di polres lebih baik melakukan sendiri karena biayanya lebih murah," katanya.

Yugi mengatakan untuk upaya pemberantasan, dari internal Satuan Lalu Lintas akan membentuk satuan pengamanan dari petugas yang dibantu petugas Propam Polres Gunung Kidul. "Langkah awal kami akan menyiapkan petugas," kata Yugi.

Sementara itu, Kepala Unit Register dan Identifikasi Satlantas Polres Gunung Kidul Iptu Polisi Wakijan mengatakan pihaknya sempat mengalami kesulitan untuk menangkap calo. Namun demikian, saat ini sudah jauh berkurang.
"Mereka (calo) biasanya melakukan dengan sembunyi-sembunyi," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak menggunakan jasa calo dalam pengurusan surat. Praktik tersebut akan subur jika masyarakat masih terus menggunakan. "Kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan, sebagai upaya untuk memberantas calo," kata Wakijan.

Wakijan mengatakan banyak keuntungan jika masyarakat tidak menggunakan calo, yakni pengurusan surat baik SIM, STNK dan BPKB tidak dikenakan biaya tambahan. "Kami memperlakukan sama, jangan percaya jika ada yang mengaku bisa mengurus lebih cepat," kata dia.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024